Pelabuhan Tanjung Wangi Mendadak Jadi Tempat Bongkar Muat Hewan Ternak, Seekor Sapi Tercebur ke Laut

Pelabuhan Tanjung Wangi Mendadak Jadi Tempat Bongkar Muat Hewan Ternak, Seekor Sapi Tercebur ke Laut Seekor sapi sedang berusaha naik ke pelabuhan usai tercebur ke laut.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Menjelang , Banyuwangi mendadak menjadi pelabuhan bongkar muat hewan .

Ironisnya, karena diduga tidak ada fasilitas khusus bongkar muat hewan ternak, terdapat seekor sapi tercebur ke laut, Jumat (1/7/2022).

Untung saja, sapi tersebut dapat segera dievakuasi, meski dengan cara yang cukup dramatis. Tali yang mengikat hidung pada sapi yang tercebur itu diangkat ramai-ramai oleh pekerja hingga mencapai daratan dermaga.

Kepala KSOP Tanjung Wangi Letkol (Mar) Benyamin Ginting mengatakan, proses bongkar muat hewan dari kapal ke dermaga bisa dilakukan. Asalkan, pemilik sapi-sapi tersebut telah mengantongi dokumen izin lengkap dari stakeholder terkait. Mulai dari surat kesehatan hewan hingga karantina. Jumlahnya pun harus sesuai.

"Persoalannya karena tidak ada dermaga khusus (ternak) di sini (Banyuwangi). Yang penting semua dokumen lengkap, dan petugas karantina di sini mengkroscek dan memberikan izin," kata Letkol Ginting saat memantau proses bongkar muat sapi asal NTT di dermaga .

"Sebetulnya juga mengganggu. Jika ada, pastinya kami keberatan. Karena ini juga dermaga umum. Jika kita tidak mengakomodir kepentingan masyarakat, nanti kita malah dikomplain," sambungnya.

Menurut Ginting, sudah empat kali ini proses bongkar muat hewan dilakukan di Pelabuhan yang berlokasi di Jalan Raya Situbondo-Banyuwangi, Ketapang ini.

"Karena otoritas sandar dan bongkar muat merupakan kewenangan kami. Sekarang (bongkar muat) sekitar 127 ekor. Kemarin malah lebih banyak lagi 400 an sapi," tegas Ginting.

Pihak karantina Wilayah Kerja Banyuwangi Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya menyatakan bahwasanya ratusan sapi asal Kabupaten Nagekeo NTT dalam kondisi sehat tanpa gejala klinis PMK dan Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) lainnya. Sapi-sapi itupun siap untuk dikirim ke kota tujuan, yakni Bekasi, Jawa Barat.

Namun, ada seekor sapi yang tampak tidak bisa berdiri karena diduga kelelahan sehingga mengalami kram pada kakinya. Terpaksa sapi itu pun diberikan suntikan agar segera pulih. (guh/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO