Wujud Rasa Syukur, Ribuan Nelayan Tuban Gelar Petik Laut di Pantai Boom

Wujud Rasa Syukur, Ribuan Nelayan Tuban Gelar Petik Laut di Pantai Boom Para nelayan saat menggelar Sedekah Laut di kawasan wisata Pantai Boom, Tuban, Rabu (14/9/2022).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ribuan nelayan di tiga kelurahan pesisir pantai Tuban yakni Sidomulyo, Karangsari, dan Kingking menggelar di kawasan wisata Pantai Boom, Tuban, Rabu (14/9/2022).

Rangkaian acara sedekah laut yang diberi nama Wisata itu diawali dengan Kirab Budaya Pesisir dari Plaza Ikan menuju ke wisata Pantai Boom yang menjadi lokasi Larung Sesaji.

Baca Juga: Pemkab Tuban Dapat Hibah Pesawat TNI AL

Ketua Forum Generasi Pesisir Berkarya Ali Rohmad menjelaskan, kirab budaya dan diikuti sekitar 1.500 nelayan dari tiga kelurahan dengan melibatkan 500 kapal milik nelayan.

Dirinya menuturkan, telah menjadi tradisi masyarakat pesisir secara turun temurun. Sementara, baru kali ini dilakukan secara bersama-sama setelah sebelumnya melaksanakan secara terpisah.

" ini merupakan ungkapan rasa syukur nelayan atas tangkapan ikan yang dihasilkan. Selain itu juga sebagai sarana menjaga kerukunan masyarakat dari tiga kelurahan," ungkapnya.

Baca Juga: Gelar Rakor, Pjs Bupati Tuban Tancap Gas Bahas Program Strategis

Pihaknya berharap, acara yang berlangsung meriah tersebut dapat dilanjutkan dan menjadi agenda tahunan dengan skala lebih besar. Tentunya dengan dukungan dari pemerintah daerah. “Semoga tahun berikutnya lebih ramai lagi, pemerintah terus support kita,” pungkasnya.

mengatakan, even kirab dan telah menjadi agenda tahunan dari warga pesisir pantai Tuban. Untuk itu, warisan tradisi yang telah ada sejak dulu itu patut dilestarikan sebagai keragaman budaya asli Tuban.

Baca Juga: Berprestasi, 13 Atlet PON dan 4 Kafilah MTQ asal Tuban Dapat Reward

"Biasanya skalanya tingkat kelurahan dan sendiri-sendiri, jadi bersyukur bisa menyelenggarakan bersamaan. Sehingga ajang ini juga menjadi pemersatu antara nelayan dari tiga kelurahan,” kata bupati muda ini.

Ketua DPD itu menambahkan, pesisir Pantai Tuban memiliki potensi budaya yang besar, yang harus dikembangkan. Sehingga, dengan even-even budaya memiliki multiplier effect baik dari segi budaya, kearifan lokal, hingga ekonomi.

“Even ini menjadi sarana pengajaran budaya dan memunculkan pariwisata baru, ketika ini menjadi even tahunan,” ungkap Mas Lindra.

Baca Juga: Even 100 Persen Tuban Berlangsung Semarak, Wujud Nyata Majukan UMKM

Lebih lanjut, akan terus mendukung kegiatan budaya pesisir sebagai salah satu upaya penggalian potensi dan pelestarian kearifan lokal pesisir tuban. “Kita apresiasi dan akan kita support penuh,” tutupnya. (gun/ari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO