Gubernur Khofifah Resmikan Laboratorium AMR, Jadi Penguat Layanan Kesehatan di Jawa Timur

Gubernur Khofifah Resmikan Laboratorium AMR, Jadi Penguat Layanan Kesehatan di Jawa Timur Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia Matthew Downing saat meninjau salah satu ruangan laboratorium. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Laboratorium Anti Microbacterial Resistance () di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Wakil , Selasa (11/10).

Gubernur Khofifah optimis bahwa  ini bakal menjadi penguat layanan kesehatan di Jawa Timur yang berseiring dengan rencana kerja pemerintah (RKP), yakni reformasi sistem kesehatan nasional.

“Pada posisi inilah semakin menguatkan kualitas layanan kesehatan baik di Jawa Timur dan nasional. Baik dari sisi alat dan peningkatan kapasistas SDM kesehatannya,” ungkap gubernur perempuan di Jawa Timur ini kepada awak media.

Sekadar diketahui, ini adalah hasil kerja sama antara Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Inggris bersama Kementerian Kesehatan RI dalam pengendalian Anti Microbacterial Resistance () di Indonesia.

Laboratorium yang didirikan menggunakan dana hibah dari The Fleming Fund ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan negara dalam mengidentifikasi dan mendiagnosis infeksi resisten obat dengan titik berat pada infeksi bakteri. Serta untuk memperbaiki data surveilans agar dapat digunakan untuk menentukan kebijakan tingkat nasional dan internasional.

Pengendalian () atau resistensi antibiotik akibat mikroba dinilai penting pada saat ini karena terbukti menjadi pandemi senyap yang berbahaya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, setiap tahunnya ada sebanyak 1,27 juta orang meninggal dunia karena infeksi akibat resisten terhadap obat antibiotik. Di tahun 2050, resistensi antimikroba diprediksi akan menjadi pembunuh nomor satu di dunia.

Di masa depan, resistensi antimikroba diperkirakan menyumbang tingkat kematian yang akan mencapai 10.000.000 jiwa per tahun. Bahkan bisa menyumbang kematian tertinggi terjadi di kawasan Asia.

Guna mencegah prediksi itu menjadi nyata, keberadaan ini penting dalam melakukan deteksi dan upaya pencegahan meluasnya resistensi antimikroba.

“Dengan adanya ini di Jatim, maka menjadi bagian dari update langkah antisipatif yang sangat strategis. Maka kami sangat berterima kasih pada Fleming Fund dan Wakil Duta Besar Inggris ,” ucapnya.

Terlebih peresmian laboratorium ini juga berhimpitan dengan HUT Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke-77. Maka laboratorium ini dituturkan Gubernur Khofifah tak ubahnya sebuah hadiah yang indah.

“Apalagi kehadiran lab ini bukan hanya rujukan bagi tingkat regional saja, melainkan secara nasional. Di mana kita tahu, bahwa Jawa Timur adalah pintu gerbang menuju Indonesia Timur,” tuturnya

Khofifah pun yakin ini akan memberikan manfaat besar bagi peningkatan derajat kualitas layanan kesehatan masyarakat.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO