6 Makanan Khas Gunungkidul yang Terkenal Lezat

6 Makanan Khas Gunungkidul yang Terkenal Lezat Belalang goreng merupakan salah satu makanan khas Gunungkidul yang terkenal lezat. (foto: wisata.gunungkidulkab.go.id)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Gunungkidul yang termasuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terkenal memiliki destinasi wisata alam yang menakjubkan. Berbagai tempat wisata baik berupa pantai, goa, air terjun, hingga gunung, membuat kawasan ini seringkali menjadi tujuan para wisatawan.

Selain terkenal sebagai tujuan wisata, Gunungkidul juga mempunyai sederet makanan khas yang terkenal kelezatannya. Makanan khas Gunungkidul menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke sana. Hal ini tak lain karena cita rasanya yang berbeda dan unik dengan makanan dari daerah lain.

BACA JUGA:

Berikut enam makanan khas Gunungkidul yang terkenal lezat.

1.

Makanan khas Gunungkidul satu ini merupakan hidangan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Kabupaten yang masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ketika Anda berkunjung ke Gunungkidul, Yogyakarta jangan heran kalau di sepanjang jalan, kamu menemui belalang tergantung di lapak kecil pedagang.

Tak semua belalang bisa diolah menjadi camilan yang renyah ini. khas Gunungkidul diperoleh dari jenis belalang kayu yang berwarna cokelat.

Bagi orang yang belum pernah mencicipi belalang goreng mungkin sedikit geli, namun ketika mencoba dijamin akan ketagihan. Rasa gurih pada makanan ini kaya akan kandungan gizi, terutama kandungan protein.

Maka tidak heran, kalau sebagian orang memilih belalang goreng menjadi camilan favorit.

2.

Hidangan kuliner lezat dapat Anda temui ketika bepergian ke Gunungkidul. Berbagai sajian khas turun temurun dari leluhur menjadi makanan favorit yang digemari masyarakat. Salah satu kuliner istimewa yang dimiliki Gunungkidul adalah masakan yang terbuat dari jeroan dan daging sapi atau kambing.

Masakan yang satu ini dimasak dengan bumbu racikan khas masyarakat Gunungkidul dengan sensasi rasa manis dan gurih.

Hingga saat ini masakan ini masih disukai oleh masyarakat Gunungkidul yang tinggal ataupun dalam perantauan.

Bagi pecinta kuliner yang ingin mencoba sensasi masakan , anda dapat berkunjung ke pasar tradisional Karangmojo yang hanya berjualan pada hari tertentu yaitu pasaran “pahing” dalam kalender jawa.

Keunikan pada masakan terdapat pada hidangan dibungkus dengan daun jati yang dalamnya terdapat nasi hangat berpadu dengan pedasnya sambal bawang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO