DLH Kota Probolinggo: Cemaran Mikroplastik Air Laut Mayangan Tinggi

DLH Kota Probolinggo: Cemaran Mikroplastik Air Laut Mayangan Tinggi Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, bersama kepala dinas lingkungan hidup, Rachma Deta.

KOTA PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota , Rachma Deta Antariksa, menilai bahwa cemaran mikroplastik air laut di Kecamatan Mayangan tergolong tinggi. 

"Kita telah melakukan pengujian kadar mikroplastik pada air laut di Kelurahan Mayangan dan Sukabumi bekerja sama dengan ECOTON (Ecological Observation and Wetlands Conservation)," ujarnya saat memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Minggu (25/6/2023).

Hasilnya, kata Deta, uji mikroplastik pada air laut di Kelurahan Mayangan menunjukkan tingkat pencemaran mikroplastik yang tinggi, yaitu 7,1 serpihan per mili meter air dan 9,3 serpihan per mili meter air laut di kelurahan Sukabumi.

"Air laut itu menjadi bahan baku pembuatan garam, sehingga hal ini mendukung data yang kami dapatkan, bahwa 36 dan 39 merek garam telah tercemar mikroplastik. Jadi mulai sekarang mari kita jaga dan peduli dengan lingkungan demi masa depan yang lebih baik untuk generasi penerus,” paparnya.

"Melihat kondisi cemaran terhadap air laut itu, Pemkot membuat kesepakatan dengan sejumlah peritel modern untuk menghentikan pemberian kresek plastik kepada para konsumennya," pungkasnya. (ugi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO