Perdana Menteri Singapura Diserang Adik Kandung dari Negara Tempat Pelarian

Perdana Menteri Singapura Diserang Adik Kandung dari Negara Tempat Pelarian Dahlan Iskan

SINGAPURA, BANGSAONLINE.com – Pemimpin negara ternyata banyak yang gagal memimpin keluarga. Perdana Menteri Singapura bahkan bersereteru hebat dengan adik kandung sendiri, Lee Hsien Yang. Bahkan sang adik sampai melarikan diri ke negara lain karena harus berhadapan dengan pihak keamanan.

Padahal mereka adalah putra-putri bapak bangsa Singapura, Lee Kuan Yew. Perdana menteri Singapura terlama: tahun 1959 hingga 1990. Alias 31 tahun. Hampir sama dengan Presiden RI yang dikenal diktator: Soeharto. Yang memimpin Indonesia 32 tahun.

Yang menarik, mereka bertengkar dipicu, diantaranya, karena soal rumah warisan ayahnya, Lee Kuan Yew. Berebut warisan? Bukan. Lalu apa?

Simak saja tulisan wartawan kawakan Dahlan Iskan di HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE pagi ini, Sabtu 29 Juli 2023.

PENGANTAR REDAKSI BANGSAONLINE

PERTENGKARAN antar anak Lee Kuan Yew ternyata belum sudah. Anak bungsunya, Lee Hsien Yang, terus mengkritik kakak sulungnya yang kini menjadi Perdana Menteri Singapura: .

Mengkritiknya dari luar negeri. Lewat Facebook. Hsien Yang tidak berani lagi pulang ke Singapura. Yakni sejak Hsien Yang dipanggil polisi tahun lalu: terkait dengan perseteruan lama dengan si kakak sulung. Yakni soal warisan rumah besar di Oxley Road nomor 38. Di situlah dulu, waktu kecil, mereka tinggal bersama sang ayah. Rumah besar. Delapan kamar. Umur bangunannya sudah 125 tahun.

Bukan.

Bukan rebutan untuk saling memiliki. Hanya soal akan diapakan rumah itu. Kakak Sulung menghendaki diabadikan sebagai monumen sejarah. Ayah mereka, Lee Kuan Yew, adalah bapak bangsa. Juga bapak modernisasi Singapura. Segala-galanya bagi Singapura.

Si bungsu menghendaki rumah itu dibongkar. Diratakan dengan tanah. Agar tidak terjadi kultus pada ayah mereka. Itu, katanya, sesuai dengan wasiat sang ayah.

Anak sulung menganggap wasiat itu dipalsukan. Kriminal. Hsien Yang dipanggil polisi.

Yang lebih ngotot untuk dibongkar sebenarnya saudara tengah. Wanita: ''sendang diapit pancuran''. Namanyi: Lee Wei Ling. Ahli syaraf. Neurolog. Tomboy. Kini berumur 68 tahun.

Si bungsu memihak saudara tengah. Hsien Yang memihak Wei Ling: 2:1. Di antara tiga bersaudara itu Wei Ling-lah yang lebih lama di rumah besar. Dia terus serumah bersama papa-mama. Sampai Lee Kuan Yew meninggal tahun 2015. Mungkin karena Wei Ling tidak menikah. Juga otaknya amat cerdas.

Belakangan ini Wei Ling sakit. Agak parah. Terkait dengan syaraf. Dia menjadi banyak lupa. Maka tinggal Hsien Yang sendirian yang melawan kakak sulung.

"Mungkin saya tidak akan bisa melihat kakak perempuan saya lagi," kata Hsien Yang dari perantauannya.

Serangan terbaru dari Hsien Yang terjadi pekan lalu. Lewat Facebooknya. Yakni tentang penggunaan uang negara untuk merenovasi rumah sewaan. "Hanya karena yang menyewa rumah itu seorang menteri," tulis si bungsu.

Hsien Yang terus mengkritik pemerintahan kakak sulung. Ketika terbongkar kasus korupsi yang melibatkan menteri Transportasi awal bulan ini, Hsien Yang menulis: itu bukti kegagalan kepemimpinan .

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO