5 Kemenangan Terbesar Newcastle United di Era Premier League

5 Kemenangan Terbesar Newcastle United di Era Premier League Pemain Newcastle usai laga melawan Sheffield United di pekan ke-6 Premier League. Foto: Twitter @NUFC

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Newcastle United baru saja menang besar atas tuan rumah Sheffield United pada lanjutan pekan ke-6 Liga Utama Inggris 2023/2024. Tak tanggung-tanggung, The Magpies menggelontor Sheffield United dengan skor telak 8-0. Raihan tersebut merupakan salah satu kemenangan terbesar yang pernah diraih Newcastle United dalam sejarah English Premier League.

Tim yang bermarkas di St James' Park memang bukan kali ini saja menaklukkan lawannya dengan skor memalukan. Sebelumnya Newcastle juga pernah melakukan hal serupa.

Baca Juga: Profil Alexander Isak, Penyerang Muda Calon Top Skor Liga Inggris

Berikut 5 kemenangan terbesar Newcastle United di era Premier League.

1. Newcastle United 6 - 0 Aston Villa

Newcastle United menghadapi Aston Villa di St James' Park pada musim 2010/2011. Bermain di rumah sendiri membuat tim berjuluk Newcastle tampil percaya diri.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Watkins Cetak Brace, Aston Villa Bekuk Newcastle United

Skuad asuhan Chris Hughton kala itu tak membiarkan Aston Villa mengembangkan permainan sejak awal laga. Kemenangan telak dengan skor 6-0 pun berhasil didapat Newcastle United pada laga yang disaksikan 43.546 penonton.

Andy Carroll tampil sebagai pahlawan dalam pertandingan tersebut setelah menorehkan hattrick. Kevin Nolan mencetak 2 gol, dan satu gol lainnya dihasilkan melalui aksi Joey Barton.

2. Newcastle United 7-1 Tottenham Hotspur

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Chelsea Keok, Newcastle Geser Manchester United

Tottenham Hotspur pernah menjadi keganasan barisan penyerang Newcastle United. Duet Alan Shearer dan Les Ferdinand menjadi senjata mematikan untuk mempermalukan Spurs. Tak tanggung-tanggung gawang Ian Walker harus kebobolan tujuh gol. 

Kekalahan tersebut terjadi di St James' Park pada musim 1995/1996. Musim tersebut menjadi capaian istimewa bagi Shearer lantaran tampil sebagai top skor dengan torehan 25 gol, sementara Ferdinand mengoleksi 16 gol. 

Dalam laga yang disaksikan 36.308 penonton, keduanya mencetak dua gol. Selain Shearer dan Ferdinand, Robert Lee juga berkontribusi lewat brace, sementara sisanya dicetak Philippe Albert. Spurs yang kala itu diasuh Gerry Francis hanya mampu menghasilkan gol hiburan melalui sontekan Allan Nielsen.

Baca Juga: Newcastle Kalahkan Manchester United 2-0 di James Park

3. Newcastle United 7-1 Swindon Town

Steve Watson, Peter Beardsley, dan Robert Lee tampil sebagai bintang dalam kemenangan telak 7-1 Newcastle atas Swindon Town pada 1994. Ketiganya sukses menorehkan 2 gol. Ruel Fox juga tak mau ketinggalan dengan mempersembahkan 1 gol. Sementara tim tamu hanya mampu memperkecil skor melalui John Moncur.

Anak asuh Kevin Keegan memang begitu perkasa pada musim tersebut. Mereka mengakhiri kompetisi di peringkat ketiga. Kala itu, Andy Cole dan kolega hanya tertinggal dari Manchester United dan Blackburn Rovers. Di sisi lain, Swindon merupakan penghuni dasar klasemen yang turun kasta ke Divisi Championship pada akhir musim.

Baca Juga: Prediksi Manchester City vs Newcastle United: Saatnya The Citizens Kejar Poin Arsenal

4. Newcastle United 8-0 Sheffield Wednesday

Sheffield Wednesday harus tertunduk malu usai dikalahkan Newcastle dengan skor telak 8-0. Kejadian itu terjadi di Premier League musim 1999/2000.

Pesta gol ke gawang Shefflied Wednesday juga merupakan kemenangan kandang terbesar yang pernah diraih Newcastle United di EPL.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris Leicester vs Newcastle: Unggul 3-0, The Magpies Geser Manchester City

Pada laga yang disaksikan 36.619 penonton, Alan Shearer tampil menawan dengan menyumbang 5 gol. Sementara 3 gol sisanya masing-masing dicetak Gary Speed, Aaron Hughes, dan Kieron Dyer. Namun pada akhir musim, Newcastle harus puas berada di posisi ke-11.

5. Sheffield United 0- Newcastle United

Newcastle United sepertinya menjadi momok tersendiri bagi penggemar bola di Kota Sheffield. Melakoni laga tandang ke Bramall Lane, Newcastle membuat pendukung Sheffield United tertunduk usai dihajar dengan skor 8-0. Catatan kemenangan besar ini hanya kalah dari Leicester City saat menghancurkan Southampton 9-0 pada 2019 di St Mary's Stadium.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris Pekan ke-13, Tottenham Vs Newcastle : The Magpies jungkalkan The Lilywhites

Uniknya, delapan gol yang dicatatkan skuad asuhan Eddie Howe semuanya dicetak oleh pemain berbeda. Pada 45 menit pertama, Newcastle sudah unggul 3-0 berkat gol masing-masing Sean Longstaff, Sven Botman, dan Dan Burn. Pada babak kedua, tim berlogo Kuda Laut mampu menutup laga dengan tambahan 5 gol melalui Callum Wilson, Gordon, Miguel Almirón, Guimarães, dan Alexander Isak. Newcastle pun mencatatkan kemenangan tandang terbesar kedua dalam sejarah Premier League. (git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO