Sukses Wujudkan Desa Mandiri, Kades Sukorejo Gresik Banjir Penghargaan

Sukses Wujudkan Desa Mandiri, Kades Sukorejo Gresik Banjir Penghargaan Kades Sukorejo, Fatkhur Rokhman saat menerima kunjungan Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Fatkhur Rokhman klaim Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas, Gresik, menjadi .

Hal ini, lantaran potensi Desa Sukorejo yang cukup besar bisa tergarap dengan baik, dan menjadikan masyarakat sejahtera.

Atas keberhasilan ini, Desa Sukorejo pun kebanjiran penghargaan, baik dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Pemerintah Pusat.

Fatkhur menyebutkan, penghargaan yang berhasil diraih desa yang dipimpinnya antara lain, Desa Sukorejo pernah dinobatkan sebagai desa 'Tangguh' oleh Kapolda Jawa Timur pada tahun 2021.

"Penghargaan itu diberikan atas kerja keras Pemerintah Desa (Pemdes) Sukorejo yang dinilai berhasil menangani pandemi Covid-19, tertib lalu lintas, serta keamanan lingkungan," ungkapnya.

Selain itu, Desa Sukorejo juga meraih penghargaan sebagai desa dengan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) pada 2022.

"Desa kami pernah memperoleh penghargaan kampung tangguh dari Kapolda 2021 lalu, dan penghargaan dari Kementerian Desa," tegas Fatkhur Rabu (18/10/2023).

Selain itu, kata pria yang pernah menjadi aktivis 98 ini menjelaskan, desanya menjadi pilot project sebagai desa paling aman di Kabupaten Gresik.

Desa berpenduduk 1.995 jiwa ini, dinilai aman dari kriminalitas karena kesiapan infrastruktur keamanan yang cukup memadai dan kebersamaan saling menjaga antarwarga.

Di antara komponen infrastruktur desa penunjang keamanan meliputi dipasangnya kamera pemantau (CCTV) dan dibangunnya pos keamanan di setiap gerbang.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO