Petrokimia Gresik Tanam 10 Ribu Mangrove di PRPM Mengare

Petrokimia Gresik Tanam 10 Ribu Mangrove di PRPM Mengare Insan PG melakukan penanaman mangrove di Pusat Restorasi dan Penanaman Mangrove (PRPM) Mengare.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - kembali menanam bibit mangrove. Kali ini ada 10.000 bibit yang ditanam bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Agrie Conservation di Pusat Restorasi dan (PRPM) Mengare, , Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Rabu (10/1/2024).

Direktur Utama , Dwi Satriyo Annurogo, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dalam momen hari gerakan satu juta pohon.

Baca Juga: PPPI Gelar Deklarasi, Ini Pesan Direktur Operasi dan Produksi Petrokimia Gresik

Sekaligus wujud komitmen terhadap pengelolaan lingkungan dan dukungan perusahaan terhadap program rehabilitasi hutan mangrove yang dijalankan pemerintah.

" tiga kali berturut-turut mendapatkan Proper Emas. Ini merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam pengelolaan lingkungan. Untuk itu, standarisasi pengelolaan lingkungan yang dijalankan harus terus ditingkatkan, salah satunya melalui program penanaman mangrove di ini," ucap Dwi Satriyo, Kamis (11/1/2024).

Ada yang menarik dalam kegiatan tanam mangrove kali ini. Yakni kontribusi aktif dari karyawan melalui program Charitree 2.0.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Dukung Kemajuan Pertanian di Timor Leste

Mereka terlibat aktif mengumpulkan sampah anorganik dari rumah maupun lingkungan, untuk kemudian dikumpulkan di eco-dropbox. Atas keterlibatan tersebut, setiap karyawan telah berkontribusi dalam pengumpulan bibit mangrove.

" memandang sampah anorganik yang selama ini menjadi problem lingkungan sebagai peluang untuk menciptakan perubahan positif," tuturnya.

Dikatakan ia, karyawan mengumpulkan sampah anorganik dari berbagai sumber seperti plastik, kertas, kaca, e-waste, metal, dan minyak jelantah yang seringkali menjadi beban bagi lingkungan.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Dukung Program Closed Loop Kemenko Perekonomian

Sampah tersebut kemudian dikumpulkan di eco-dropbox yang sudah ada di lingkungan perusahaan. Sampah-sampah tersebut dikonversikan dalam rupiah, dan semua partisipan yang turut serta dalam acara ini juga akan mendapatkan sertifikat donasi bibit mangrove.

" dalam menjalankan proses bisnisnya tidak hanya berorientasi pada profit, tapi juga ingin menumbuhkan kepedulian dan keterlibatan karyawan dalam pelestarian lingkungan," terangnya.

Pelestarian mangrove menjadi kegiatan yang telah rutin selenggarakan. Tahun 2023 mulai dari Charitree 1.0, telah menanam sebanyak 3.750 bibit mangrove.

Baca Juga: Milenial Petrokimia Gresik Kampanyekan Pemupukan Berimbang di Sentra Tani Bawang Putih Tawangmangu

Kemudian di momen hari ulang tahun (HUT) ke-51 perusahaan, juga menanam 5.100 bibit dan pada program envirocamp 2023 sebanyak 2.000 bibit.

"Selanjutnya, mengawali tahun 2024 dengan menanam 10.000 bibit mangrove. terus berkomitmen lebih untuk berkontribusi agar lingkungan lebih hijau dan berkelanjutan, serta dapat menjadi teladan dalam upaya menjaga keberlanjutan bumi milik bersama ini," tutup Dwi Satriyo. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO