BKKBN Bersama Mitra Kerja Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting di Tegal

BKKBN Bersama Mitra Kerja Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting di Tegal Peserta yang beruntung mendapatkan doorprize sepeda.

TEGAL, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka sukseskan program percepatan penurunan angka stunting, bersama mitra kerja gencar sosialisasi dan KIE program Bangga Kencana di seluruh Indonesia, salah satunya di Kabupaten , Jawa Tengah.

Sosialisasi percepatan penurunan stunting digelar di Rumah Aspirasi HD Suradadi Kabupaten , 19 Januari 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa narasumber, yaitu Kabid Dalduk dan KS Dinas P3AP2KB Kabupaten Bening Priambudi, Widyaswara Ahli Utama Suwarno, dan Anggota DPR RI Komisi IX Dewi Aryani.

Bening Priambudi menyampaikan pentingnya mencegah dan menanggulangi stunting di tengah tengah masyarakat.

"Sebab, stunting dapat mengakibatkan gangguan tumbuh kembang yang dialami bayi, karena gizi buruk. Untuk Itu dibutuhkan peran remaja maupun para orang tua dalam mendukung program percepatan penurunan stunting," ujarnya.

Menurutnya, pencegahan stunting dapat dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan bagi para calon pengantin. Selain itu, menerapkan pola makan sesuai pedoman gizi seimbang dan melakukan olahraga atau aktivitas fisik secara rutin. Hal itu, akan bisa meningkatkan literasi tumbuh kembang, kesehatan reproduksi dan usia perkawinan yang ideal.

"Stunting berdampak pada gangguan tumbuh kembang pada anak-anak yang diakibatkan kurang gizi. Kegiatan ini, sebagai upaya sosialisasi pencegahan stunting di tengah-tengah masyarakat agar terbebas dari stunting," tambahnya.

Sementara itu, Dewi Aryani mengajak masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta hidup positif yang mengupayakan sehat jiwa dan raga. Komisi IX mendukung penuh upaya pemerintah dapat optimal dalam meningkatkan perekonomian warga Kabupaten .

"Masyarakat harus terbiasa mengonsumsi makanan sehat, seperti ikan, telur, susu, dan buah-buahan segar lainnya. Para peserta yang mengikuti sosialisasi ini agar bisa memanfaatkan ilmunya dan bisa menyebarkan ilmu kebaikan ini kepada masyarakat lainnya. Agar, program percepatan penurunan stunting dapat terlaksana dengan baik," terangnya

Disela-sela kegiatan itu, dibagikan doorprize bagi para peserta. (ris/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO