Kompi 1 Yon C Sat Brimob Polda Jatim Tanam Ratusan Pohon di Buffer Zone Alas Simpenan Kediri

Kompi 1 Yon C Sat Brimob Polda Jatim Tanam Ratusan Pohon di Buffer Zone Alas Simpenan Kediri Koordinator ARPL Kediri, dr. Ari Purnomo Adi (kiri) bersama AKP Anacleto Soares, saat melakukan penanaman pohon di Buffer zone Alas Simpenan (foto: Muji Harjita)

KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Beberapa anggota Kompi 1 Batalyon C Pelopor Sat , melakukan aksi tanam di Buffer Zone Cagar Alam Manggis (Alas Simpenan) di Kecamatan Puncu, Kabupaten , Minggu (28/1/2024).

Mereka menanam di sela-sela kesibukan pengamanan menjelang .

Dalam aksi tanam tersebut, anggota yang bermarkas di Jalan Veteran Kota tersebut, berkolaborasi dengan puluhan relawan pencinta lingkungan yang tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL) .

Kurang-lebih 500 jenis Ficus, ditanam di lahan seluas 3,5 hektar dari luas lahan keseluruhan di Buffer Zone Alas Simpenan seluas 12 hektar yang juga menjadi Pusat Ficus Nasional, yang dihuni oleh ratusan monyet jinak ini.

AKP Anacleto Soares, Danki Kompi 1 Batalyon C Pelopor, Sat , mengatakan, penanaman atau penghijauan ini buat motivasi bagi anggota (dalam pelestarian lingkungan). Karena penanaman ini untuk generasi muda mendatang.

"Untuk giat pagi ini, kami membawa 10 anggota, karena (anggota lain) masih banyak tugas lain yang ditugaskan kepada kami. Untuk kedepannya kolaborasi ini akan tetap dilakukan dan semoga lebih baik lagi,"kata pria asli Timor-Timor, kini Timor Leste itu, Minggu (28/1/2024).

Sementara itu, Koordinator ARPL , dr. Ari Purnomo Adi, mengatakan, bahwa ini acara penanaman dan penyulaman dari Aliansi Relawan bersama anggota Kompi 1 Batalyon C Pelopor .

"Kita melakukan perawatan di Buffer Zone, Pusat Ficus Nasional di sisi utara, kita menanam dan membersihkan gulma,"ucapnya.

Menurut Ari, pihaknya melakukan giat bersama dengan Kompi 1 Batalyon C, sudah tiga tahun berturut-turut, melakukan giat (tanam ) bersama. Seperti giat tanam di area latihan di Desa Petungroto, Kecamatan Mojo dan dilanjutkan di tempat lain.

Ditegaskan Ari, bahwa pihaknya akan terus melakukan kolaborasi dengan pihak lain termasuk instansi pemerintah,TNI-POLRI karena penyelamatan alam itu adalah tugas bersama untuk penyelamatan Indonesia dari ancaman perubahan iklim. (uji/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO