Jangan Salah! Simak Perbedaan Ular Hijau yang Berbisa dan Tidak

Jangan Salah! Simak Perbedaan Ular Hijau yang Berbisa dan Tidak Ilustrasi. Foto: Pixabay

BANGSAONLINE.com - Bagi kamu yang suka berkegiatan di alam, entah gunung maupun hutan, pastinya sering menjumpai berbagai jenis ular khususnya ular berwarna hijau. Ada 3 jenis ular hijau yang paling sering ditemui yaitu ular pucuk, ular hijau ekor merah, dan ular bajing. 

Ketiga jenis ular tersebut memiliki warna yang mirip namun kadar bisanya berbeda. Ada yang berbisa rendah (low venom) hingga berbisa tinggi (high venom).

Sedangkan edukasi terkait ular hijau ini masih minim, sehingga banyak masyarakat yang langsung membunuhnya ketika menjumpai ular hijau karena dinilai membahayakan. Padahal, tidak semua jenis ular hijau ini berbahaya, mengingat ular sebagai makhluk hidup yang menjadi salah satu rantai makanan di alam, maka perlu kita ulas lebih dalam apa perbedaan di antara ketiga ular ini. Simak sampai akhir untuk tahu lebih jelasnya.

Ular Pucuk (Ahaetulla prasina)

Yang pertama adalah Ahaetulla prasina atau lebih banyak dikenal masyarakat dengan nama ular pucuk. Ular ini sangat banyak popularitasnya di Asia Tenggara. Mempunyai ciri khas tubuh yang sangat ramping, dibagian kepala berbentuk meruncing seperti anak panah dengan pupil horizontal pada matanya. Ular ini memiliki panjang 1 meter atau bisa lebih jika berukuran dewasa. Hanya saja bagian tubuhnya tetap kecil walau tubuhnya memanjang.

Ular pucuk suka memangsa cicak, burung, tikus dan katak yang berukuran kecil. Ular pucuk memiliki bisa yang tergolong rendah sehingga efek dari gigitannya jika terkena manusia hanya akan menimbulkan rasa gatal, sedikit bengkak, namun tergantung dari imun orang tersebut, jika orang tersebut imunnya sedang menurun, kemungkinan efek lain yang dirasakan akan terasa panas dingin pada tubuhnya, namun tidak sampai pada kematian.

Ahaetulla prasina aktif di siang hari, ketika merasa terancam, dibagian kepala akan membentuk huruf ‘S’ yang menandakan bahwa dia siap menerkam. Walaupun demikian teman-teman tak perlu takut karena ular ini akan lebih memilih kabur jika bertemu dengan manusia.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO