Nur Saidah Minta Inspektorat dan BKPSDM Tegas Sikapi Oknum ASN Satpol PP Terlibat Kasus Narkoba

Nur Saidah Minta Inspektorat dan BKPSDM Tegas Sikapi Oknum ASN Satpol PP Terlibat Kasus Narkoba Nur Saidah, Wakil Ketua DPRD Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pimpinan DPRD angkat bicara menyikapi kasus narkoba yang diduga menyeret sejumlah oknum aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Satpol PP .

Wakil Ketua DPRD Nur Saidah meminta inspektorat maupun BKPSDM untuk tegas dan aktif menindaklanjuti fakta-fakta yang terungkap di persidangan.

Baca Juga: Otak Perampokan Disertai Pembunuhan Agen BRILink di Gresik Belum Tertangkap

"Jangan pasif, sebab kasus ini telah mencoreng nama Pemerintah Kabupaten , terlebih satpol PP selaku OPD penegak peraturan daerah," ujar Nur Saidah kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (14/3/2024).

Dia mengaku miris dengan terungkapnya kasus narkoba di lingkungan satpol PP. "Apalagi terindikasi tak hanya membelit Saiful Mubarok (terdakwa) yang tengah menjalani proses hukum, tapi juga sejumlah ASN dan salah satu kabid," cetusnya.

"Inspektorat dan BKPSDM harus panggil dong ASN dan pejabat yang disebut Saiful Mubarok, jangan didiamkan saja. Perkara ini tengah jadi perbincangan publik," ungkap Sekretaris DPC Gerindra ini.

Baca Juga: Kajari Gresik Sebut Sisa Anggaran CSR dari Perusahaan di Desa Roomo Tembus Rp11 Miliar

Nur Saidah menegaskan akan meminta komisi I untuk memanggil inspektorat, satpol PP, dan BKPSDM untuk mempertanyakan kasus tersebut.

"Sebab, kalau kasus ini terus menggelinding dan tak ada sikap tegas dari OPD terkait, akan berimplikasi kepada menurunnya kepercayaan publik terhadap keberadaan satpol PP selaku penegak perda," katanya.

Dia juga meminta bupati melakukan pembinaan mental dan pembentukan karakter ASN sehingga mereka dapat dijadikan panutan masyarakat.

Baca Juga: 4 Pimpinan DPRD Gresik Bisa Dilantik Bersamaan, Jika SK Mujid Riduan dari Gubernur Turun Minggu ini

"Bila perlu adakan tes urine untuk ASN di semua OPD agar jadi pembelajaran bagi semuanya. Karena kita tidak pernah menduga sebelumnya ternyata jaringan narkoba masuk di lingkungan Pemda dengan loss dan bebas begitu," kata pimpinan DPRD yang mengkoordinatori komisi I ini.

"Tentu sebagai wakil rakyat saya kaget karena yang dikenal sebagai kota santri sangat tidak pantas, kasus narkoba bisa masuk di jajaran Pemda ," imbuhnya.

Nur Saidah menyatakan pihaknya sangat mendukung proses hukum yang saat ini berjalan agar kasus narkoba yang terjadi di satpol PP tuntas dan terungkap secara terang benderang.

Baca Juga: Korupsi Hibah UMKM Gresik, Direktur YLBH FT Pertanyakan Status Siska dan Joko

"Semua proses hukum yang tengah berjalan di PN kita hormati, kami sangat mendukung langkah penegak hukum," katanya.

Menurutnya, DPRD selama ini sudah gencar menyosialisasikan larangan peredaran narkoba ini.

"Itu ada perdanya, yang melakukan sosialisasi terhadap perda kita dimulai dari jajaran bupati beserta OPD dan juga DPRD selaku pembuat produk hukum," pungkasnya.

Baca Juga: Tok! Terbukti Korupsi Dana Hibah UMKM, Eks Kadiskop Gresik Divonis 1,5 Tahun Penjara

Sementara itu, sidang lanjutan perkara narkoba dengan terdakwa ASN Satpol PP nonaktif, M. Saiful Mubarok (39), digelar di Pengadilan Negeri (PN) , Rabu (13/3/2024) kemarin.

Sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Syarudi dan Hakim Anggota Bagus Trenggono serta Arie Andhika Adikresna itu mengungkap banyak fakta baru.

Dalam sidang, terungkap bahwa Saiful Mubarok sudah beberapa kali pesta sabu di ruangan mami, yang pada sidang sebelumnya disebut merupakan salah satu Kepala Bidang Satpol PP .

Baca Juga: 2.000 ASN Pemkab Gresik Ikuti Pembekalan Penilaian Kompetensi 2024

"Awalnya saya kenal dengan Andik. Kemudian beberapa bulan, saya dikenalkan oleh Andik ke Tole. Lalu sekitar satu tahun baru saya kenal dengan Mami, atau SF Kabid Linmas Satpol PP , setelah ada mutasi. Awalnya mami bertugas di Dinas Pariwisata ," ungkapnya.

Saiful Mubarok mengakui dirinyalah yang memesan narkoba tersebut. "Kalau saya pakai pasti di ruangannya mami, inisiatif mami pesta sabu. Karena waktu itu ulang tahun pacar mami," terang Mubarok.

Menurutnya, sebelumnya tidak ada aktivitas penyalahgunaan narkoba seperti pil ekstasi dan sabu di satpol PP. Konsumsi barang haram tersebut baru terjadi ketika mami dimutasi ke satpol PP.

Baca Juga: Jadi Pimpinan DPRD Gresik, Mujid Riduan Siap Dilantik Belakangan

"Saya juga pernah menyiapkan barang haram itu saat acara ulang tahun pacar mami. Bahkan melibatkan beberapa anggota Satpol PP yang juga mengikuti pesta sabu, di antaranya, S, G, Y, dan A," bebernya.

Atas pengakuan tersebut, Hakim Arie Andhika Adi Kresna lalu bertanya kepada Mubarok dampak jika terdakwa tidak mengikuti perintah mami.

"Akan dikucilkan dan tidak punya teman," jawab Mubarok.

Baca Juga: Polisi Gerebek Arena Judi Sabung Ayam di Panceng

Ia mengaku tidak menjual sabu dan pil ekstasi tersebut, maupun menawarkan kepada anggota Satpol PP lainnya.

"Tidak dijual, itu pesanan mami, dan semua untuk dikonsumsi sendiri," tegasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO