Wawali Pasuruan Teken Komitmen Bersama Menuju Provinsi Jatim 100 Persen Stop BAB Sembarangan

Wawali Pasuruan Teken Komitmen Bersama Menuju Provinsi Jatim 100 Persen Stop BAB Sembarangan Wakil Wali Kota Pasuruan saat menghadiri dialog "Membangun Komitmen Bersama Menuju Provinsi Jawa Timur 100 Persen Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) Tahun 2024" di Ruang Hayam Wuruk, Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Kamis (28/4/2024).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wakil Wali Kota Pasuruan menghadiri acara dialog "Membangun Komitmen Bersama Menuju Provinsi Jawa Timur 100 Persen () Tahun 2024" di Ruang Hayam Wuruk, Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Kamis (28/4/2024).

Dialog tersebut dirangkai dengan penandatanganan komitmen bersama percepatan penuntasan () oleh Pj Gubernur Jawa Timur dan wali kota/bupati di delapan kabupaten/kota di Jawa Timur lainnya.

Dalam kesempatan itu, Mas Adi -sapaan - telah memberikan bantuan pembangunan sanitasi kepada masyarakat sebagai upaya mewujudkan stop BAB sembarangan.

Tujuannya, untuk mengubah kebiasaan buang air besar sembarangan, sehingga kawasan open defection free (ODF) bisa lebih cepat terealisasi.

"Tentu, ini menjadi semangat kita semua untuk menyelesaikan permasalahan . Di Kota Pasuruan, dari total 34 kelurahan, sudah ada 32 kelurahan yang sudah mendapat bantuan sanitasi," ucap Mas Adi.

Tahun ini,  telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan septic tank individu dan sambungan rumah (SR). Pasalnya, ketersediaan jamban menjadi salah satu indikator kesukseskan percepatan .

"Mengingat, permasalahan ini sangat penting sebab dapat berdampak pada kesehatan masyarakat salah satunya stunting," kata Adi.

Untuk itu, dalam hal ini ia menekankan pentingnya mensosialisasikan dan membangun kesepahaman bersama terkait stop BAB sembarangan dan lebih aktif melakukan pendekatan secara langsung kepada masyarakat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO