Permudah Warga Peroleh Air Bersih Jelang Lebaran, PDAM Lamongan Launching SPAM Mojolagres

Permudah Warga Peroleh Air Bersih Jelang Lebaran, PDAM Lamongan Launching SPAM Mojolagres Direktur PDAM Lamongan, Ali Mahfud saat berada di take-off Kembangbahu.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lamongan Meluncurkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Mojokerto, Lamongan, Gresik (Mojolagres) di Kecamatan .

Direktur Perumda , M. Ali Mahfudi, menyatakan bahwa peluncuran di wilayah menjadi prioritas. Wilayah ini termasuk dalam kategori kekeringan ekstrem di Lamongan.

Baca Juga: Lewat Metode Budi Daya Greenhouse, Produksi Melon di Lamongan Meningkat

Dengan adanya SPAM berkapasitas ground reservoir 300m³ ini, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan air bersih.

" di merupakan pembangunan off take keempat di Lamongan. Kehadiran SPAM ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat di bagian selatan Lamongan dalam memperoleh air bersih sesuai dengan standar kualitas," ujar Ali saat ditemui di Kantor Perumda , Kamis, 4 April 2024.

Terutama menjelang lebaran dan selama periode lebaran, kebutuhan air masyarakat cenderung meningkat. Oleh karena itu, di akan sangat berdampak dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

Baca Juga: Resmikan YES Corner Perpusda Lamongan, Bupati Yuhronur Sumbang Ratusan Buku Pribadinya

Sebelum adanya , masyarakat di wilayah ini mengandalkan air dari telaga (yang berwarna hijau) untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Launching SPAM ini bertepatan dengan momen menjelang lebaran, sehingga sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Selain saat lebaran, kami berharap aliran air dari terus memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat," tambah Ali.

Ali juga menjelaskan bahwa pembangunan dimulai pada tahun 2023 menggunakan APBD 2023. Hari ini, SPAM tersebut berada pada tahap uji operasional dan sudah dapat digunakan oleh masyarakat. Sebelumnya, pada Selasa, 2 April, telah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar.

Baca Juga: Bupati Sebut SOTH Mampu Turunkan Angka Stunting di Lamongan

"Alhamdulillah, respons masyarakat sangat positif menyambut . Sebelumnya, masyarakat sana menggunakan air tangki yang harganya bisa satu juta per bulan. Kalau menggunakan PDAM ini selain terjamin kualitasnya juga harganya terjangkau," jelas Ali.

Menurutnya, mampu mengaliri 500 sambungan rumah (SR) di dua desa, yakni Desa (292 SR) dan Desa Kaliwates (Dusun Kebalan 120 SR dan Dusun Kalibogo 88 SR).

"SPAM di menyalurkan air ke 500 SR dengan kapasitas suplai dari PTAB Jawa timur 20 liter/detik," tambahnya. (qom/rev)

Baca Juga: Pemkab Lamongan Intens Kampanyekan ASI Eksklusif Wujudkan Zero Stunting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO