Fajar Ajak Seluruh Stakeholder Junjung Etika Pancasila di Pilkada Serentak 2024

Fajar Ajak Seluruh Stakeholder Junjung Etika Pancasila di Pilkada Serentak 2024 Sekretaris DPD LDII Gresik, Andi Fajar Yulianto.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sekretaris DPD LDII Gresik, Andi Fajar Yulianto, mengajak para penyelenggara, kontestan, serta pendukung pasangan calon kepala daerah menjunjung tinggi etika pada pilkada serentak 2024.

"Pada momentum peringatan Hari Lahir 1 Juni 2024, mari jalankan dan amankan pilkada serentak 2024 dengan etika . Sebab, merupakan cermin masyarakat Indonesia dalam berperilaku," kata Fajar kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (2/6/2024).

Menurutnya, tensi politik jelang pilkada sudah mulai naik perlahan. Mulai dari tahapan pendaftaran bakal calon pemimpin daerah melalui kendaraan partai, dan jalur independen yang juga menjadi perbincangan masyarakat.

"Siapa pasangan dengan siapa? Dari partai apa? Asal wilayah daerah mana? dan golongan apa? Sampai identifikasi dari ras, serta agamanya apa?" ucapnya

Karena itu, lanjut Fajar, pertanyaan-pertanyaan itu harus disikapi wajar.

"Rangkaian pernyataan di atas apabila terus terbawa hingga menjadi sebuah parameter keberpihakan dan perjuangan hanya sebatas memburu kemenangan kelompok dan golonganya, sebatas adu gengsi kelompok dan golongan, serta pembelaan atas jiwa korsa, ini ancaman serius untuk perpecahan di antara satu warga dengan warga yang lain, dan terjadi ketidakrukunan hingga sikap intoleran," paparnya.

Ia menegaskan perpecahan itu bisa dicegah apabila masyarakat benar-benar memegang dan menerapkan

"Secara konstitusi, sebagai dasar negara tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Sedangkan UUD 1945 merupakan sumber hukum tertinggi bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Untuk itu, ia berpesan untuk menjaga persatuan dalam pelaksanaan pilkada 2024, "Pilih calon pemimpin yang berintegritas, berkualitas dan berjiwa toleransi yang tinggi, hindari memilih calon yang intoleran," pungkasnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO