Muhibah Khofifah di Irak: Napak Tilas Kota Kelahiran Ibrahim di Babilonia

Muhibah Khofifah di Irak: Napak Tilas Kota Kelahiran Ibrahim di Babilonia

UR, BANGSAONLINE.com - Perjalanan muhibah Ketua Umum Muslimat NU Indar Parawansa sampai di .

Sebuah kota di tengah di cabang Sungai Eufrat, 100 km selatan Baghdad. Kota ini di Provinsi dan terletak berdekatan dengan kota kuno .

Di Kota itu, diyakini lahir pada 2000 tahun sebelum Masehi (SM). Kota itu terletak di Mesopotamia kuno, salah satu tempat lahirnya peradaban manusia. 

Ibnu Katsir melalui kitabnya, , menjelaskan, lahir di yang termasuk wilayah .

Dalam riwayat kitab yang sama, dikenal dengan nama Ibrahim bin Tarikh bin Nuhur bin Sarugh bin Raghu bin Faligh bin ‘Abir bin Syalih bin Arfakhsyadz bin Sam bin Nuh alaihissalam.

pada masa itu, merupakan sebuah pusat kebudayaan dan kekuasaan di wilayah Mesopotamia yang kini menjadi bagian dari ,” kata , Senin (3/6/2024).

Bersama rombongan, singgah ke kota tersebut untuk bermuhasabah dan menapak tilas meneladani kisah-kisah dari nabi yang melahirkan banyak keturunan nabi dan rasul termasuk nabi Muhammad SAW.

Di tersebut yang diyakini sebagai tempat kelahiran didirikan sebuah masjid. 

Pasalnya diyakini dalam beberapa riwayat, di sana juga merupakan rumah yang sempat ditinggali semasa hidupnya.

“Kelahiran di tengah-tengah peradaban yang maju menjadi landasan bagi peran pentingnya dalam menyebarkan ajaran tauhid. Kelahirannya di , membuat harus berdakwah di dunia yang penuh dengan penyembahan berhala dan menghadapi pemimpin yang zalim,” ujar .

diceritakan dalam Alquran hidup pada zaman Raja Namrud. Pada masa itu, masyarakat Mesopotamia hidup dalam masa jahiliyah, mereka banyak menciptakan patung-patung untuk disembah.

Sedangkan saat itu, Raja Namrud telah memerintah selama 400 tahun, dan masa pemerintahannya yang panjang ini membuatnya menjadi sosok yang penuh kesombongan. Bahkan sampai-sampai ia mengklaim dirinya sebagai Tuhan.

“Saat pemerintahan Raja Namrud, Dia pernah bermimpi tentang adanya seorang anak yang akan menggulingkannya dari tahtanya, sehingga dia memerintahkan pembunuhan semua bayi laki-laki yang lahir pada saat itu,” terang .

Namun, orang tua menyembunyikan putranya dalam sebuah gua untuk melindunginya dari ancaman tersebut.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO