Sebaik-baik Doa dan Dzkir di Hari Arafah

Sebaik-baik Doa dan Dzkir di Hari Arafah Sebaik-baik Doa dan Dzkir di Hari Arafah. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hari Arafah jatuh pada 9 Zulhijah yang menjadi waktu mustajab dikabulkannya doa. Terdapat doa yang dibaca Rasulullah SAW dan para nabi terdahulu pada hari arafah serta amalan-amalan yang dilakukan.

Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam Kitab Zadul Ma'ad menjelaskan bahwa hari Arafah adalah hari yang terdapat suatu waktu yang mustajab untuk berdoa, yakni saat terakhir setelah salat Ashar. Pada waktu tersebut orang-orang sedang wukuf di Padang Arafah.

Selain itu, dijelaskan pula bahwa sebaik-baik hari disisi Allah SWT adalah hari raya kurban.

"Seutama-utama hari di sisi Allah SWT adalah hari raya kurban, kemudian hari Al-Qarr (setelah hari raya kurban)." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Khuzaimah)

Hari Arafah adalah pendahuluan bagi hari raya kurban, karena adanya kegiatan wukuf, tadharru, taubat, peribadatan, dan permintaan maaf.

Terdapat hadits yang menjelaskan dalam Shahih Bukhari dari Ibnu Abbas RA yang mengatakan Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak ada suatu hari di mana amal saleh yang dilakukan padanya lebih disukai Allah SWT daripada sepuluh hari ini." Para sahabat bertanya, "Tidak pula jihad di jalan Allah?" Beliau menjawab, "Tidak pula jihad di jalan Allah kecuali seseorang yang keluar dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak membawa hal itu sedikit pun." (HR Ahmad, Ad-Dailami, dan Bukhari).

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO