3 WBP Rutan Perempuan Surabaya Ikuti Pelatihan Kesehatan dari Kanwil Kemenkumham Jatim

3 WBP Rutan Perempuan Surabaya Ikuti Pelatihan Kesehatan dari Kanwil Kemenkumham Jatim Tiga WBP Rutan Perempuan Surabaya saat mengikuti latihan pelatihan kesehatan. Foto: Humas Kemenkumham Jatim.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tiga Narapidana Rutan Perempuan II A Porong mengikuti pelatihan keterampilan kesehatan yang diberikan langsung oleh Kanwil .

Hal itu dilakukan, untuk memberikan bekal ketika mereka bebas. Selain itu, juga sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Rutan Perempuan Porong.

"Dalam tahap pelatihan awal bertujuan untuk membekali para warga binaan dengan kemampuan dasar untuk membantu tugas petugas medis di rutan," ujar Kakanwil Heni Yuwono, Rabu (3/7/2024).

Menurut dia, pelatihan itu diikuti tiga warga binaan. Sebelumnya, pihak poliklinik rutan telah membuka kesempatan bagi warga binaan yang berminat menjadi kader kesehatan.

"Ternyata antusiasme dari warga binaan cukup tinggi, setelah melalui penyaringan yang mengacu pada asesmen risiko dan kebutuhan, akhirnya tiga orang warga binaan terpilih menjadi kader kesehatan," ujarnya.

Dokter , Yenny Sulistyowati mengatakan, adanya kader kesehatan ini, menjadi titik awal dalam mengoptimalkan layanan kesehatan, seiring dengan bertambahnya jumlah warga binaan.

Yenny berharap, para kader tersebut dapat membantu petugas medis untuk menjangkau warga binaan yang membutuhkan penanganan kesehatan, serta terlibat langsung dalam kegiatan kesehatan.

Sementara itu, Kepala Rutan Surabaya, Amiek Diyah Ambarwati menjelaskan, para kader kesehatan ini, memiliki peran krusial dalam memberikan layanan kesehatan bagi warga binaan.

"Kami harap mereka mampu bekerja sama dengan para tenaga medis rutan dalam memberikan layanan kesehatan, terutama dalam memberikan pertolongan pertama jika ada warga binaan yang mengalami masalah kesehatan di blok hunian,” tutupnya. (cat/rif)

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Momen Haru Warga Binaan Lapas Ngawi Buka Bersama Keluarga':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO