Dampingi Wapres RI, Pj Gubernur Jatim: Wujudkan Ekonomi Biru di Sektor Keluatan dan Perikanan

Dampingi Wapres RI, Pj Gubernur Jatim: Wujudkan Ekonomi Biru di Sektor Keluatan dan Perikanan Pj. Gubernur Jatim, Adhy Karyono saat mendampingi Wapres RI, Ma’ruf Amin dalam kunjungan kerja dalam pembukaan Asian Pacific Aquaculture (APA) 24, di Grand City Convention & Exhibition Hall Surabaya, Kamis (4/7/2024). Foto: Ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono mendampingi Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dalam kunjungan kerja dalam pembukaan Asian Pacific Aquaculture (APA) 24, di Grand City Convention & Exhibition Hall Surabaya, Kamis (4/7/2024).

Dalam pembukaan APA 24 yang bertajuk ‘Aquaculture: Diving the blue economy’ ini, selain Pj. Gubernur Jawa Timur, , juga didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Adhy mengatakan, kegiatan APA24 ini, menjadi ajang pertemuan para investor, peneliti, akademis dan pelaku usaha di bidang budidaya perikanan, baik dalam maupun luar negeri, untuk meningkatkan kapasitas SDM di lingkup kelautan dan perikanan.

Semoga wujud nyata kolaborasi dan sinergi antara pemerintah dengan para pelaku usaha dan akademisi menghasilkan terobosan untuk meningkatkan produktivitas dalam mewujudkan ekonomi biru di bidang kelautan dan perikanan yang komprehensif," ujarnya.

Ia menyebut, dalam meningkatkan SDM di sektor kelautan dan perikanan, SDM yang unggul akan berkontribusi besar dalam mewujudkan ekonomi biru yang kuat untuk Indonesia sejahtera.

"Kami sedang membangun bagaimana peningkatan kapasitas SDM setiap program salah satunya sektor yang paling memang membutuhkan adalah sektor kelautan dan perikanan," katanya.

SDM yang ada itu, lanjut Adhy, harus didukung dengan peningkatan kapasitas masing-masing SDM. Sehingga, hasil yang didapatkan lebih maksimal.

"InsyaAllah Jawa timur komitmen untuk meningkatkan program-program di bidang perikanan dan kelautan," ungkapnya.

Pj. Gubernur Jawa Timur ini juga memastikan bahwa Jatim berkomitmen dalam mewujudkan ekonomi biru dengan berbagai program yang menyasar SDM, maupun peningkatan hasil produksinya.

Hal ini, telah diprogramkan dan masuk dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"RKPD-nya sudah terlihat bagaimana sektor kelautan termasuk industri wisata sektor kelautan sudah termaktub di dalamnya mohon dukungan dan supportnya sehingga semuanya bisa sinkron," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO