Pembangunan Jembatan Bailey Dimulai, DPUBMSDA Sidoarjo Targetkan Rampung 6 Hari

Pembangunan Jembatan Bailey Dimulai, DPUBMSDA Sidoarjo Targetkan Rampung 6 Hari Pekerja mulai memasang jembatan bailey di Desa Kedungpeluk Candi. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pembangunan jembatan bailey terus berlangsung di area bekas Jembatan Kedungpeluk, Kecamatan Candi, yang ambruk pada Selasa (16/7/2024) lalu. Mulai kemarin, Sabtu (3/8/2024), rangka jembatan bailey dirakit oleh belasan pekerja.

Di sisi utara DAM Kedungpeluk, terlihat belasan pekerja sedang merakit rangka jembatan. Mereka bekerja di tengah sengatan panas matahari yang terik. Beberapa kali terlihat mereka minum bergantian.

Seorang pekerja, Agus mengaku sudah mengerjakan rangka jembatan itu sejak pukul 07.00. Hingga siang, panjang rangkaian konstruksi jembatan bailey sudah tersusun sekitar 10 meter. Posisinya membentang antara barat dan timur.

”Panjang jembatan ini 24 meter. Lebar lantai bordes sekitar 3,8 meter,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Rangkaian jembatan diturunkan dari atas truk dengan crane kecil lalu rangka baja dirakit di atas tanah, dan pekerja lain tanpa sibuk mengunci mur dan baut. Ukurannya besar-besar, ada juga yang terlihat sedang memasang dongkrak supaya permukaan konstruksi jembatan bisa sejajar, tidak miring.

Menurut rencana, setelah rangkaian baja untuk jembatan bailey selesai, posisinya akan digeser. Sedikit demi sedikit ditempatkan pada posisi yang pas untuk penyeberangan. 

Lokasinya ada di sebelah utara DAM Kedungpeluk. Kendaraan yang melewati jembatan diharapkan tidak sulit mengambil tikungan. Lebih-lebih saat berpapasan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO