Launching Rumah Data, Bawaslu Kota Mojokerto Siap Sukseskan Pengawasan Pilkada 2024

Launching Rumah Data,  Bawaslu Kota Mojokerto Siap Sukseskan Pengawasan Pilkada 2024 Peluncuran rumah data yang dilakukan Bawaslu Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Jatim resmi meluncurkan rumah data, Rabu (14/08/2024). Peluncuran ini dihadiri langsung oleh 4.477 peserta. 

Mereka terdiri dari Forkopimda, 176 kabupaten/kota, 1.998 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), 1.998 sekretariat Panwascam, wartawan, dan pemantau pemilu di Jawa Timur. Kota Mojokerto siap sukseskan pengawasan Pemilihan tahun 2024 dengan rumah data Jatim.

"Kami seluruh jajaran se-Kota Mojokerto siap sukseskan Pemilihan serentak 2024 melalui rumah data yang telah diluncurkan oleh Jatim. Dengan adanya rumah data ini dapat mempermudah kami dalam memantau progres kinerja jajaran dibawah kami," kata Ketua Kota Mojokerto, Dian Pratmawati.

Dalam sejarahnya, rumah data digunakan dalam Pemilu 2024 hanya untuk menyimpan Form A. Kemudian dikembangkan untuk menyimpan hasil pengawasan saat hari pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024 lalu. 

Dari mendokumentasikan C-Hasil, kejadian khusus, daftar hadir, dan foto KTP EL DPK yang ada di TPS. Saat Pemilu 2024, penggunaan rumah data mampu mengumpulkan ratusan ribu hasil pengawasan.

Berangkat dari pengalaman berharga tersebut, Jatim meningkatkan dan mengembangkan Rumah Data dalam Pemilihan Serentak 2024. Rumah data kini akan menyimpan Form A, imbauan, saran perbaikan, laporan, temuan, rekomendasi dan sengketa.

Anggota Kota Mojokerto, Ilham Bagus Priminanda, menyampaikan bahwa dengan adanya rumah data ini juga dapat mempermudah dalam hal menyiapkan data jika ada Perselisihan Hasil Pemilihan nanti. Namun yang perlu diperhatikan yaitu mengenai mengenai Keamanan Data.

"Selamat atas launchingnya rumah data Jatim. Dengan adanya rumah data ini dapat mempermudah menyiapkan data untuk Perselisihan Hasil Pemilihan nanti. Harapannya keamanan datanya sangat kuat sehingga tidak ada kebocoran dikemudian hari," paparnya.

Rumah data ini akan terkoneksi dengan website se-Jawa Timur. Publik dapat tahu tentang kerja yang telah dilakukan oleh pengawas Pemilu se-Jawa Timur. 

Hal itu sebagai salah satu upaya pertanggungjawaban dan keterbukaan kepada publik.  yang terbuka akan membuat publik semakin percaya kualitas Pemilihan serentak 2024. (ris/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO