Kambing Gembrong Kian Langka, Tinggal 4 Ekor

Kambing Gembrong Kian Langka, Tinggal 4 Ekor Kambing gembrong yang nyaris punah. foto: beritajatim

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Kambing gembrong hampir punah karena populasinya terus berkurang. Data bulan Oktober 2014 menyebutkan, ada 82 ekor kambing jenis gembrong di Indonesia, empat ekor di antaranya ada di Kabupaten .

Empat ekor kambing dengan bulu panjang dan lebat layaknya anjing ini ada di Peternakan Nusantara yang ada di Desa Sajen, Kecamatan Pacet.

"Kambing jenis ini, aslinya dari Karang Asem, Bali sehingga kita pilih Pacet melihat cuacanya yang hampir sama di tempat asalnya," ungkap, Kepala Kandang Peternakan Nusantara, Sutan Raharjo.

Pacet berada pada lebih 700 meter dari permukaan laut (mdpl) hampir sama daerah asal kambing jantan yang bulunya lebih panjang dari kambing betina tersebut. Kambing jenis ini, lanjut Sutan, tingkat kematian cukup tinggi dan membutuhkan ekstra perawatan.

"Kambing jenis ini, lebih butuh banyak perhatian. Cara perawatan sendiri, dua minggu sekali dimandikan dengan cara dikeramasi, bulu yang menjuntai ke bawah dirapikan agar tidak mengganggu pergerakannya serta kuku dipotong. Untuk pola makan sama, dua kali dalam sehari, pagi dan sore," katanya.

Masih kata Sutan, makanannya sama dengan kambing lain namun makanan yang paling digemari adalah tanaman hijau seperti rumput. Makan dua kali sehari. Selain makan, kambing gembrong membutuhkan asupan tambahan. Seminggu sekali diberi telur bebek dua butir untuk menjaga vitalitas.

Selain telur bebek, juga diberikan jamu herbal yang diperoleh di Taman Herbal Podo Sehat di sisi kiri Peternakan Nusantara. Sutan menjelaskan, data yang diperoleh pada Oktober 2014 lalu, populasi kambing gembrong di Indonesia tinggal 82 ekor saja.

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO