Relokasi PKL di Jalan Dr Soetomo Sidoarjo Terkendala Lahan

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) diperintah oleh Penjabat (Pj) Bupati Sidoarjo Jonathan Judyanto untuk berkoordinasi dan menertibkan sekaligus merelokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) di sepanjang Jalan Dr Soetomo.

Sejumlah SKPD tersebut meliputi Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga, DPU Cipta Karya, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, perdagangan dan ESDM, Satpol PP dan Asisten Perekonomian.

Relokasi itu dilakukan, paska dibangunnya pedestarian, trotoar dan gorong-gorong di sepanjang Jl Dr Soetomo yang menelan anggaran sebesar Rp 800 juta. Selain itu, PKL di kawasan Gelanggang Olahraga (GOR) Delta Sidoarjo juga bakal ditertibkan dan di relokasi.

"Pemindahan PKL ke lokasi yang strategis ini, perlu dilakukan supaya pemandangan di Kabupaten Sidoarjo ini tidak terlihat semrawut," tandas Pj Bupati Sidoarjo Jonathan Judyanto di sela-sela sidak ke proyek gorong-gorong di Jalan Dr Soetomo, Rabu (11/11).

Penertiban dan rencana relokasi puluhan PKL di kawasan JL Dr Soetomo di dekat alun-alun Sidoarjo itu mengalami kendala lahan. Alternatif relokasinya yakni di lahan seluas 1.500 meter persegi di Jalam Dr Soetomo.

Namun, lahan tersebut milik Joko yang tercatat sebagai warga Surabaya. Begitu juga rencana relokasi PKL di kawasan GOR Delta Sidoarjo yang rencananya akan dipindahkan ke fasum yang terletak di perbatasan Perumahan Taman Pinang Indah (TPI) dan Perumahan Gading Fajar. Tetapi, lagi-lagi terkendala, persetujuan warga setempat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO