Jumlah Penderita HIV/Aids di Bojonegoro Terus Meningkat

Jumlah Penderita HIV/Aids di Bojonegoro Terus Meningkat

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kasus penderita HIV/Aids di Kabupaten terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2014 lalu, jumlah penderita penyakit berbahaya itu sebanyak 132 kasus, sementara penderita yang meninggal dunia sebanyak 37 orang.

"Sesuai data, pada tahun 2015 ini jumlah penderita HIV/Aids di meningkat," ungkap kepala sekretariat Komisi Penanggulangan Aids (KPA) , Jhonny Nur Harianto, Senin siang (30/11).

Dia menyebutkan, hingga akhir November 2015 ini penderita HIV/Aids di Kota Ledre sebanyak 145 orang dan 18 korban meninggal dunia. Meningkatnya penderita penyakit itu, kata dia, karena kurang sehatnya masyarakat dalam "hidup" sehari-sehari.

"Hidup yang dimaksud yaitu masyarakat sering gonta-ganti pasangan atau jajan sembarangan (berhubungan badan dengan wanita lain,red)," paparnya.

Melihat tingginya angka penderita HIV/Aids di itu, pihaknya tak henti-hentinya melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat. "Kepada seluruh masyarakat agar tidak berperilaku buruk, jangan gonta-ganti pasangan, jangan jajan (berhubungan dengan wanita/laki-laki lain,red) dan jangan mengkonsumsi narkoba. Karena selain merusak kesehatan, perbuatan itu juga merupakan larangan agama," tandasnya.

Menurut Jhonny, data-data jumlah penderita HIV/Aids itu diketahui dari puskesmas dan RSUD di . Dia memprediksi jika penderita HIV/Aids masih banyak lagi yang belum terdeteksi, misalnya masyarakat yang belum melakukan tes HIV di puskesmas maupun rumah sakit.

"Penderita HIV/Aids di itu seperti gumpalan salju, yang terlihat hanya sedikit (hanya data dari RSUD,red). Yang belum melakukan tes pasti lebih banyak lagi," ungkapnya.

Seluruh wilayah Jawa Timur, kata dia, Kabupaten menempati urutan kedelapan. Sementara Kota Surabaya sejak beberapa tahun terakhir peringkat pertama dengan jumlah penderita HIV/Aids di wilayah Jawa Timur. "Tertinggi Surabaya, kemudian Malang dan kota-kota besar lainnya," katanya.

Jhonny menambahkan, di tahun 2015 ini sebanyak 18 orang penderita HIV/Aids di yang meninggal dunia didominasi oleh laki-laki. Selain itu, ratusan penderita itu juga menyebar di seluruh kecamatan di . (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO