Cegah Global Warming, Dishutbun Tulungagung Tanam Satu Milyar Pohon

Cegah Global Warming, Dishutbun Tulungagung Tanam Satu Milyar Pohon Bupati Tulungagung Syahri Mulyo dan Wakil Bupati Tulungagung Maryoto Birowo. foto: feri/ BANGSAONLINE

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Sepanjang jalan di wilayah Kecamatan Rejotangan Tulungagung lima tahun mendatang bakal asri dan sejuk. Sebab, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tulungagung, Kamis (10/12) lalu menggelar penanaman satu milyar pohon.

Penanaman pohon ini dihadiri langsung oleh Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE, Msi, dan Wakil Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo MM. Syahri Mulyo mengatakan, penanaman pohon ini merupakan upaya mewujudkan penghijauan yang akan bermanfaat di kemudian karena pohon mempunyai banyak manfaat seperti menambah tutupan lahan dan mencegah terjadinya bencana banjir.

"Selain itu pohon juga mencegah longsor di musim hujan, kekeringan di musim kemarau, konservasi keanekaragaman hayati dan penyerapan karbondioksida di atmosfir untuk antisipasi dampak perubahan iklim dan ikut berpartisipasi terhadap kebutuhan pangan, energy dan ketersediaan air untuk kesejateraan masyarakat,” jelas Syahri Mulyo.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tulungagung, Tatang Suhartono menyatakan bahwa program penanaman pohon tersebut dilakukan untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global.

"Kami mengimbau semua warga dan intansi desa bersama kecamatan untuk berpartisipasi supaya saling menjaga pelestariannya,” pintanya. (adv/fer/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO