Pemilik Sumur Gas di Sumenep Dihantui Kekhawatiran

Pemilik Sumur Gas di Sumenep Dihantui Kekhawatiran Warga melihat dari jarak dekat semburan api dari sumur bor yang mengandung gas. foto: rahmatullah/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Pemilik sumur bor yang mengandung gas di Dusun Batu Jaran, Desa Pragaan Daya, Kecamatan Pragaan, selalu khawatir. Sebab, sebelum ada kepastian hasil penelitian lab, pemilik sumur bor khawatir ada bahaya yang ditimbulkan oleh keberadaan sumur bor yang dimilikinya.

Hadiri (33), ipar Mohammad Saleh yang merupakan pemilik lahan memaparkan, semua keluarga was-was dengan adanya sumur bor yang mengandung gas itu. Hingga detik ini, air dari sumur bor itu tidak digunakan sama sekali. Air yang diperoleh dari sumur bor itu tidak seperti air pada umumnya yang di sekitar wilayah itu. Warna air tidak bening, melainkan keruh seperti diaduk dengan tepung.

“Ketika dibuat membasuh tangan, jika sudah kering tangan terasa lengket,” ujar Hadiri, Senin (18/1).

Hadiri menuturkan, air dari sumur bor itu hingga kini belum dipakai untuk keperluan menanak nasi, juga tidak diminum. Tidak digunakannya air itu karena semua anggota keluarga takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan setelah menggunakan air itu.

“Kami masih menunggu informasi resmi dari pemerintah,” harap dia.

Sementara Sulalah, istri Mohammad Saleh, menuturkan pernah menggunakan api semburan sumur bor itu untuk memasak ketupat dan sayur. Haslnya sama persis dengan api dari kompor gas yang menggunakan tabung LPG. “Kalau airnya menggunkan air lain,” imbuh dia.

Kantor Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Kabupaten , Abd. Kahir, saat mengambil sample air beberapa hari lalu memastikan akan membawa air yang diambil untuk diuji lab terlebih dahulu. Diharapkan, melalui uji lab itu, kandungan gas dalam sumur bor itu bisa diketahui secara pasti.

“Kami mengimbau warga berhati-hati dengan adanya semburan gas itu, sebab belum diketahui gas tersebut berbahaya atau tidak,” ujarnya saat turun ke lokasi bersama jajaran Forpimka Pragaan, Sabtu (16/1). (smn2/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO