Gawat! Perempuan di Trenggalek Banyak yang Idap Virus HIV/Aids

Gawat! Perempuan di Trenggalek Banyak yang Idap Virus HIV/Aids Kantor Dinas Kesehatan Trenggalek. foto: herman/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Data resmi Dinas Kesehatan Kabupaen menyebut, penderita HIV/Aids di sebanyak 49 penderita, dan sebagian besar adalah perempuan.

"Jumlah perempuan penderita HIV/Aids sebanyak 32 orang,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Sugito Teguh.

Menurut Sugito Teguh, itu adalah data pengidap virus HIV dalam tahun 2015 lalu. Adapun data untuk tahun 2014 mencapai 54 orang, dan satu orang meninggal di tahun yang sama.

"Mereka terserang virus ini, di usia produktif yaitu sekitar 20 tahunan. Ada yang usianya 50 tahun,” kata Sugito Teguh, di ruang kerjanya, Selasa (2/02).

Sementara kecamatan dengan pengidap virus HIV AIDS terbanyak ada di Kecamatan Pule, disusul Karangan, Dongko dan Panggul. Para pengidap virus HIV AIDS ini masih berkeliaran di wilayah tersebut.

Kendati demikian, imbau dia, masyarakat tidak perlu takut. Sebab penularan virus ini hanya bisa terjadi melalui kontak hubungan seks, jarum suntik bagi pengguna narkoba serta kontak antar sesama luka di kulit. "Jadi bila terdapat luka di bagian tubuh si pengidap HIV, lalu kita juga mengalami luka dan kemudian terjadi sentuhan maka dipastikan virus tersebut pasti menular" terangnya.

Sugito mengatakan, mereka yang terjangkit telah mendapatkan perhatian khusus, meski ada yang bandel. "Sebenarnya, kita sudah memberikan arahan dan bimbingan agar mereka rutin meminum obat ARV. Namun mereka terkadang malu atau malas untuk mengambil obat gratis yang telah kami siapkan," keluhnya.

Sugito Teguh mengatakan, jika rutin mengonsumsi ARV, akan memperlambat proses kematian. (man/ros)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO