Gandeng KNPI, Disparbudpora Magetan Gelar Kegiatan Bela Negara

Gandeng KNPI, Disparbudpora Magetan Gelar Kegiatan Bela Negara Para peserta saat dilatih baris-berbaris. foto: dewi n.m/ BANGSAONLINE

MAGETAN, BANGSAONLINE.com – Bertempat di Sekolah Calon Tamtama (Secata) Magetan, Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Olahraga (Disparbudpora) yang bekerja sama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia () menggelar kegiatan Bela Negara. Kegiatan ini digelar selama 2 hari yakni 10-11 Maret.

Kegiatan ini merupakan usulan yang direspon oleh Pemkab Magetan melalui Disparbudpora. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan generasi muda khususnya para aktivis kepemudaan di Magetan dapat mengerti nilai-nilai bela negara dan tentunya bisa mengamalkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kegiatan yang pertama kali diselenggarakan ini diikuti oleh puluhan peserta dari perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan PK (Pengurus Kecamatan) se-kabupaten Magetan.

Pantauan di lokasi, para pemuda-pemudi terlihat antusias mengikuti program ini. Mereka digembleng di antaranya dengan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan (PBB), wawasan Bangsa dan Bela Negara, serta outbond team working.

“Kami berharap ini bisa jadi kegiatan rutin tahunan dengan jumlah peserta yang lebih banyak untuk tahun berikutnya. juga berharap kegiatan ini dapat lebih ditingkatkan lagi dari sisi jumlah peserta dan lamanya masa pelaksanaan diklat agar lebih maksimal,” jelas Wahyudi, ketua panitia Bela Negara sekaligus ketua Magetan kepada BANGSAONLINE.

Ia menambahkan tujuan dari kegiatan ini lebih pada pembentukan mindset atau pola pikir bagi generasi muda bahwa bela negara bukan militerisme sebagaimana yang dikhawatirkan banyak pihak.

Sementara Priya Abi (23), salah satu peserta pelatihan bela negara menyampaikan kesannya dalam acara ini. Dengan mengikuti kegiatan Bela Negara ini, ia mengaku menjadi tahu pentingnya mencintai Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Harapan kami para peserta pasca acara ini agar nantinya dapat menjadi kader bela negara yang tangguh, yang akan diturunkan di desa-desa bersama jajaran TNI dan Polri untuk melakukan sosialisasi tentang bela negara dan nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya. (mgt1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO