Meme Jokowi-SBY: Sidak ke Hambalang Sedetik, Rusak Tour de Java Sebulan

Meme Jokowi-SBY: Sidak ke Hambalang Sedetik, Rusak Tour de Java Sebulan Salah satu meme yang jadi viral di dunia maya.

BOGOR, BANGSAONLINE.com - Joko Widodo () mendadak menggelar kunjungan ke proyek Hambalang, Sentul, Bogor. Proyek yang menghabiskan dana hingga Rp 2,5 triliun ini mangkrak sejak 2014, setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencium bau korupsi di dalamnya.

Dalam kunjungannya itu, menyatakan akan secepat mungkin memutuskan nasib mega proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) Hambalang, Bogor, Jawa Barat. hanya menggeleng-gelengkan kepalanya ketika ditanya awak media ihwal perasaannya itu.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Smelter Grade Alumina, Erick Thohir Paparkan Dampak soal Impor Alumnium

Rupanya, kedatangan beserta rombongan termasuk Menpora Imam Nahrawi ini membuat netizen mulai menjahili safari politik yang dilakukan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY bersama para petinggi partai mengelilingi Pulau Jawa dan menamakannya 'Tour de Java'.

Proyek Hambalang ini mulai terhenti sejak KPK menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alifian Mallarangeng sebagai tersangka pada 2014 lalu. Andi diduga terlibat serta menyetujui proyek tersebut yang dilakukan anak buahnya, hingga diduga merugikan negara sampai Rp 2,5 triliun.

Netizen membandingkan safari yang dilakukan SBY tersebut dengan sidak di Hambalang dengan beragam meme. Beberapa di antaranya menyebut, Hambalang Jadi Rumah Hantu Terbesar se-Indonesia.

Baca Juga: Menparekraf Sebut Investasi IKN dari Luar Negeri Sentuh Angka Rp1 Triliun

Selain itu, ada yang mengunggah foto di mana saat SBY, Ani, dan Ibas memilih kain batik saat Tour de Java sementara foto lainya tampak tengah berada di perkakas yang mangkrak di Hambalang.

Foto lainya menggambarkan SBY dan Ani tengah dikerubuti pendukung, sementara tengah berada di antara alang-alang tinggi di sekitar Hambalang. Dan yang paling menusuk adalah meme foto di mana SBY mengatupkan kedua tanganya ke mulut sementara caption foto tersebut berbunyi 'Sidak ke Hambalang Sedetik Rusak Tour de Java Sebulan'.

Baca Juga: Presiden Jokowi Jadi Saksi Pernikahan Yusuf dan Jihan, Khofifah: Sebuah Kehormatan yang Luar Biasa

Apa yang dilakukan dengan meninjau mega proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) Hambalang, Bogor, Jawa Barat dianggap sebagai bentuk sindiran keras terhadap Ketua Umum Partai Demokrat SBY yang giat melakukan roadshow.

SBY tengah keliling Jawa untuk menyerap aspirasi masyarakat jelang Pilkada serentak. SBY Tour De Java ini berlangsung selama 16 hari mengunjungi empat provinsi di Pulau Jawa.

"Presiden ini memiliki pola komunikasi high contact. Seperti saat menyindir MKD dengan mengumpulkan para pelawak di Istana. Maka tindakan ke Hambalang memang untuk menjawab kritik SBY yang cukup gencar dalam roadshow ya," kata Ketua DPP PAN Teguh Juwarno, Jumat (18/3).

Baca Juga: Projo Tuban Gaspol Dukung Paslon Riyadi Gus Wafi di Pilbup

Blusukan Presiden yang secara tiba-tiba ke Hambalang tersebut dianggap sindiran yang sangat menusuk terhadap SBY. Yang mana diketahui, proyek Hambalang merupakan salah satu mega proyek di era Presiden SBY yang sarat akan kasus korupsi.

"Benar sekali, karena Hambalang peninggalan era SBY yang sangat erat dengan tokoh-tokoh Partai Demokrat," tegas Teguh.

Menpora Andi Mallarangeng dan adiknya Zulkarnain Mallarangeng menjadi terpidana dan tersangka dalam kasus korupsi proyek ini. Demikian juga Ketum Demokrat Anas Urbaningrum yang menerima gratifikasi terkait proyek ini. (mer/yah/lan)

Baca Juga: Minta Dukung Prabowo, SBY: Negara Kacau Jika Banyak Matahari

Sumber: merdeka.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO