Potret Buram Kaum Papah di Kota Santri, Masihkah Berlaku Janji "Jombang Sejahtera untuk Semua"?

Potret Buram Kaum Papah di Kota Santri, Masihkah Berlaku Janji "Jombang Sejahtera untuk Semua"? Mbah Paini bersama gubuk reyotnya yang hampir roboh. foto: BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Potret buram kaum papah, masih saja ada di Kabupaten . Seorang nenek renta, Paini (70), warga Dusun Paras, Desa Turipinggir Kecamatan Megaluh, , sudah sekitar 12 tahunan hidup sebatang kara dan tinggal di gubuk reyot yang tidak layak huni.

Kondisi Mbah Paini sungguh kontras dengan slogan " Sejahtera Untuk Semua" yang merupakan janji politik Bupati Nyono Suherli.

Berbagai penghargaan berhasil diraih, namun di 3 tahun kepemimpinan pasangan Nyono Suherli - Mundjidah Wahab, masih bermunculan potret buram kemiskinan di kota yang melahirkan banyak orang 'gila' ini menurut almarhum Gus Dur.

Gubuk bambu yang dia tempati itu berdiri di atas tanah milik tetangganya yang iba melihat kondisi Mbah Paini yang tidak memiliki tempat tinggal.

Tidak hanya itu, hampir setiap hari nenek malang ini makan nasi basi yang dikeringkan atau nasi aking pemberian para tetangga. Hal itu terpaksa dilakukan karena Mbah Paini sudah tidak mampu lagi bekerja dan mencari nafkah sendiri karena kondisinya yang sudah sangat rapuh.

"Saya baru memasak nasi kalau dapat beras sembako (raskin) dan pemberian tetangga", kata Mbah Paini, sambil mengusap air mata yang nampak menetes di sela lipatan keriput matanya.

Rumah bambu yang menjadi tempat tinggal Mbah Paini juga nampak memprihatinkan. Gubuk berukuran sekitar 1,5 x 3 meter kini sebagian sudah roboh. Di dalam ruangan yang cukup gelap dan pengap itu hanya ada sebuah lincak atau ranjang bambu beralaskan potongan tikar plastik dan bekas spanduk. Di sinilah Mbah Paini menjadikan tempat tidur setiap harinya.

Penerangan pun didapat dari belas iba tetangga rumah yang berbesar hati dengan menyalurkan lampu listrik untuk menerangi kediaman Mbah Paini saat hari mulai gelap.

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO