Legislator Tanggapi Dingin Deklarasi Kabupaten Kepulauan Sumenep

Legislator Tanggapi Dingin Deklarasi Kabupaten Kepulauan Sumenep Sebagian masyarakat saat mendeklarasikan kabupaten kepulauan Sumenep. foto: rahmatullah/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Deklarasi Kabupaten Kepulauan di Sumenep hari Minggu (8/5) kemarin ditanggapi dingin oleh sebagian legislator setempat. Yang menarik, legislator yang angkat suara ini merupakan wakil rakyat dari kepuluauan sendiri.

Anggota dewan yang kini menjabat sebagai Ketua Komisi II DPRD Sumenep, Dulsiam, memaparkan keinginan menjadikan kepulauan sebagai kabupaten tersendiri dinilai masih belum realistis, sebab masih membutuhkan proses yang cukup panjang.

"Persoalan pembentukan kabupaten kepulauan ini butuh perbincangan serius,” jelasnya, Senin (09/05)

Menurut politisi PKB dari dapil VII yang meliputi Kecamatan Arjasa, Kangayan, dan Sapeken itu, yang harus dilakukan pertama kali adalah menyamakan persepsi antar masyarakat kepulauan. Itu penting dilakukan mengingat letak goegrafis di kepulauan sungguh berjauhan. Apalagi misalnya keinginan memisahkan diri dari Kabupaten Sumenep hanya mencuat dari dapilnya, kata Dulsiam, maka rencana itu sangat mustahil dilakukan, sebab masih perlu pemekaran 5 kecamatan lagi.

Sementara anggota dewan lain yang juga dari kepulauan, Darul Fath Hasyim, memaparkan pola perjuangan menjadikan daerah otonom harus diperjelas, sehingga deklarasi kepulauan menjadi Kabupaten sendiri tidak terkesan untuk kepentingan politik menjelang pemilihan Gubenur.

Ketua Komisi I DPRD Sumenep dari dapil 6 yang meliputi Kecamatan Gayam, Kecamatan Masalembu, Kecamatan Nonggunong dan Kecamatan Raas itu tidak ingin ada upaya pengorganisasian salah satu partai politik menarik simpati masyarakat.

Selain itu, ditambahkan Darul, deklarasi kepulauan kabupaten juga ada kaitan dengan wacana Madura Provinsi, karena tanpa ada kabupaten baru, tidak mungkin terbentuk Madura Provinsi.

“Dari sisi politik, sebenarnya tidak ada yang tidak mungkin. Kepulauan menjadi kabupaten sendiri juga mungkin,” tandasnya. (mat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO