Gelar Lomba Tarian Daerah, Kodim Tuban Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya Daerah

Gelar Lomba Tarian Daerah, Kodim Tuban Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya Daerah Dandim Tuban saat memberikan sambutan di hadapan peserta lomba. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 0811/Tuban menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif berupa lomba tarian daerah dan baca puisi tingkat pelajar SMA/SMK/MA se-Kabupaten Tuban. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dandim 0811/Tuban Letkol Inf Sarwo Supriyo, di aula Letda Sucipto Makodim setempat, Selasa (8/8)

Pada kegiatan ini panitia mengusung tema “bersama rakyat TNI kuat, hebat, profesional siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian”. Lomba tersebut diikuti oleh 15 tim peserta tari dan 66 peserta lomba puisi.

Baca Juga: Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Tuban Gelar Olahraga Bersama Lintas Sektoral

Dalam kesempatan itu, Dandim 0811/Tuban Letkol Inf Sarwo Supriyo meminta masyarakat agar selalu melestarikan budaya daerah, salah satunya melalui kegiatan yang digelar kali ini. “Lomba seperti ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya daerah, dan diharapkan dapat meningkatkan budaya yang ada disini,” terang Sarwo.

Menurutnya, lomba ini juga bertujuan mengenalkan budaya bangsa kepada anak-anak sebagai generasi penerus masa depan bangsa. "Generasi bangsa perlu memiliki peran dan potensi dalam upaya pelestarian budaya, baik di tempat tinggal, tempat bermain, tempat belajar serta tempat kegiatan lainnya. Selaku aparat pemerintah, pendidik dan orangtua diharapkan dapat memberikan pembinaan, arahan serta bimbingan kepada anak-anak untuk mencintai dan melestarikan budaya," ujarnya.

Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini, Sarwo berharap dapat memberikan ruang kebebasan bagi pelajar atau sekolah untuk berkreasi dan berkarya guna memajukan pendidikan dan budaya di wilayah Kabupaten Tuban.

Baca Juga: Peduli Asupan Gizi Anak, Kodim 0811/Tuban Angkat Anak Asuh Balita Stunting

"Kepada peserta yang menjadi pemenang dalam lomba ini, berhak untuk mewakili di tingkat Korem 082/CPYJ dan bahkan di tingkat Kodam V/Brawijaya," jelasnya. (wan/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO