KKN, Mahasiswa Unirow Tuban Ajari Ibu-ibu di Desa Genaharjo Bikin Abon Jantung Pisang

KKN, Mahasiswa Unirow Tuban Ajari Ibu-ibu di Desa Genaharjo Bikin Abon Jantung Pisang Mahasiswa Unirow saat mempraktekkan cara membuat abon dari jantung pohon pisang. foto: GUNAWAN/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Universitas PGRI Ronggolawe () Tuban kembali menggulirkan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tahun 2017 ini. Mengambil tema "Pemberdayaan Masyarakat", KKN tahun ini diharapkan mampu memberi kontribusi besar bagi masyarakat.

Kelompok KKN di Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding, misalnya, mereka membuat pelatihan untuk warga dengan membuat abon dari bahan jantung pisang.

Ketua KKN Genaharjo Eko Susilo mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk pemberdayaan terhadap masyarakat dalam bidang ekonomi, sesuai dengan tema KKN.

“Kami memilih mengadakan pelatihan produk olahan berbahan dasar jantung pisang, sebab bahan baku mudah didapat di sekitar Desa,” ungkap Eko.

Pantauan Bangsaonline.com, peserta pelatihan yang terdiri dari ibu-ibu ini tampak antusias mengikuti mendengarkan dan melihat pembuatan abon dari jantung pisang yang dipraktekkan oleh mahasiswa .

“Selama ini banyak masyarakat yang belum mengetahui jika jantung pisang memiliki banyak manfaat. Selama jantung pisang ini hanya dimanfaatkan sebagai sayur saja, tapi sekarang dapat ilmu baru dengan memasak jatung pisang sebagai abon,” ungkap Hartati, salah satu peserta pelatihan.

Selain abon dari jantung pisang, dalam kesempatan ini ibu-ibu juga dikenalkan masakan puding jagung dan tempe sagu.

Sebagai wujud pengabdian pada masyarakat, pelatihan tersebut diharapkan mampu mengajak warga agar bisa memanfaatkan limbah yang ada di desa menjadi ladang tambahan ekonomi warga. Serta inovasi bahan pangan alternatif yang mudah didapat dan murah. (gun/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO