‎Pendaftaran Pilgub Ditutup, Khofifah Bisa Daftar Lewat DPP Golkar

‎Pendaftaran Pilgub Ditutup, Khofifah Bisa Daftar Lewat DPP Golkar  Mensos RI, Khofifah Indar Parawansa saat diundang pengurus Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jatim dalam Halaqoh Kebangsaan, belum lama ini. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kehadiran Menteri Sosial RI, Indar Parawansa untuk maju Pilgub Jatim selalu diamati oleh Bacagub yang telah mendaftar ke Partai Golkar. Sebab, adalah kandidat cagub potensial untuk menang.

Menariknya, meski pendaftaran Pilgub lewat DPD Partai Golkar Jatim Sabtu (19/8) besok resmi tutup, Ketua Umum PP Muslimat NU itu bisa mendaftarkan diri lewat DPP Partai Golkar.

Ketua harian DPD Partai Golkar Jatim, Freddy Poernomo mengatakan, semua bacagub yang telah mendaftar ke DPD akan dilaporkan ke DPP. Selanjutnya semua bacagub tersebut akan diundang untuk menyampaikan visi dan misinya.

"Kita belum tahu waktu yang pasti kapan diadakan visi dan misi tersebut," ujar Freddy, usai menerima pendaftaran bacagub, Jumat (18/8).

Namun, Ketua Komisi A DPRD Jatim itu mengaku dalam perjalanannya nanti DPP bisa menambah nama baru di luar usulan DPD Golkar Jatim. Mengingat, DPP memberi batas waktu hingga akhir September 2017.

Freddy menegaskan, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa jika DPP menambah nama baru karena sudah diatur di dalam Petunjuk Pelaksana (Juklak) 6/2016 tentang Penetapan Pasangan Calon Gubernur, Bupati, dan Wali Kota DPP Partai Golkar.

"Yang punya kewenangan adalah DPP. Juklak 6 memang seperti itu. Batas waktu akhir September. Ini tidak berlaku Jatim saja, provinsi lain juga diberi waktu akhir September," kata Freddy.

Sementara bagi bacagub yang daftar lewat DPD, formulir harus dikembalikan Sabtu besok. Untuk kelengkapan berkas lainnya bisa menyusul satu Minggu kemudian. Begitu juga halnya uang pendaftaran Rp 50 juta tidak harus disetorkan besok.

"Toleransinya hingga akhir Agustus. Selama September akan dilakukan evaluasi," pungkas alumni Resimen Mahasiswa (Menwa) tersebut.

Untuk diketahui, telah mengambil formulir pendaftaran bakal cagub Partai Golkar melalui utusannya. Namun, belum bisa dipastikan apakah formulir tersebut akan dikembalikan Hari Sabtu (19/8) nanti, yang merupakan batas akhir pengembalian formulir di kantor DPD Partai Golkar Jatim atau mengembalikan langsung formulir ke DPP Partai Golkar. (mdr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO