Tak Ingin Kecolongan, Panwaslu Pacitan Tekankan Pengawasan Kinerja PPDP

Tak Ingin Kecolongan, Panwaslu Pacitan Tekankan Pengawasan Kinerja PPDP Ketua Panwaslu Pacitan? Berty Stevanus, lebih fokus pada pengawasan kinerja PPDP. Foto: YUNIARDI S/BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Jelang tahapan pemutakhiran daftar pemilih pada Pilgub Jatim Tahun 2018, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Pacitan mulai berancang-ancang ‎melakukan pengawasan terhadap kinerja PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) yang tersebar di setiap desa.

Ketua Panwaslu Pacitan Berty Stevanus mengatakan pihaknya tak ingin kecolongan atas kinerja PPDP dalam menjalankan tugas dan fungsinya mulai 20 Januari hingga 18 Februari mendatang itu.

"Jangan sampai mereka hanya duduk di belakang meja, tidak melaksanakan pengawasan secara door to door ke lapangan. Ini yang menjadi atensi pengawasan kami pada tahapan pemutakhiran daftar pemilih nantinya," ujarnya, Minggu (14/1).

Mantan Sekretaris KPU Pacitan ini mengaku bakal menerjunkan petugas pengawas lapangan (PPL) dalam melaksanakan pengawasan. Bahkan PPL tersebut akan disebar hingga di level rukun tetangga (RT). 

"Meskipun dengan personil terbatas, namun kami harapkan para PPL itu turun langsung hingga ke level RT," sambung dia.

Agar pengawasan pemutakhiran data pemilih berjalan sebagaimana diharapkan, Panwaslu meminta adanya bukti penempelan stiker di setiap rumah yang telah didatangi PPDP. Hal itu dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diharapkan. 

"Pemilih ini sangat krusial disetiap event pemilihan. Karena itu, kita berharap pemutakhiran nantinya benar-benar akan diperoleh data yang valid," pungkasnya. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO