Gunakan CAT, Seleksi Petugas Haji 2018 Makin Objektif

Gunakan CAT, Seleksi Petugas Haji 2018 Makin Objektif Sebanyak 361 peserta mengikuti seleksi calon Tim Petugas Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Kamis (12/4).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pelaksanaan seleksi petugas tahun ini berbeda dari ujian tahun sebelumnya. Seleksi petugas tingkat provinsi mulai 2018 ini akan menggunakan metode Computer Aided Test (CAT). 

Peserta ujian tidak lagi menggunakan computer maupun laptop, namun masing-masing peserta mengggunakan smart phone berbasis android.

Irjen Kemenag RI M Nur Kholis Setiawan saat membuka seleksi petugas tingkat Provinsi Jawa Timur menegaskan komitmen Kementerian Agama dalam memperbaiki pelayanan ibadah jamaah Indonesia.

“Irjen kenapa hadir dalam seleksi petugas , sebagai bentuk komitmen memperbaiki layanan ibadah jamaah Indonesia, serta sebagai muhasabah dan evaluasi,” tuturnya, Kamis (12/4) kemarin.

Sebanyak 361 peserta yang mengikuti seleksi calon Tim Petugas Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang telah dinyatakan lolos pada seleksi petugas tingkat kabupaten/kota dua pekan lalu.

Penggunaan metode CAT sebagai piranti untuk melakukan seleksi petugas ini, jelas Irjen, salah satunya adalah dengan pertimbangan agar seleksi bersifat lebih objektif.

“Pertama pola CAT dari sisi administrasi dan juga kapasitas dasar, kompetensi dasar peserta sudah standar. Kalau dengan multiple choice di kertas maka akan lebih boros secara material. Sementara dengan CAT menggunakan android agar lebih objektif dan kedua sudah masanya dan zamannya,” terang Irjen.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO