Butuh Perhatian Khusus, Penyandang Disabilitas di Tuban Terima Sosialisasi Pemilu

Butuh Perhatian Khusus, Penyandang Disabilitas di Tuban Terima Sosialisasi Pemilu Para penyandang disabilitas bersama Komisioner KPU Tuban usai sosialisasi.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan kelompok penyandang disabilitas mendapatkan pemahaman tata cara Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban di Gedung Juang, Minggu (11/9).

Masyarakat yang memiliki keterbatasan baik fisik maupun mental tersebut nampak aktif mendengarkan setiap penjelasan yang disampaikan oleh pemateri. Kesempatan bertanya juga tidak disia-siakan para peserta untuk menanyakan proses pelaksanaan pemilu mendatang.

Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Yayuk Dwi S mengatakan, sosialisasi ini digelar karena kelompok disabilitas juga memiliki hak yang sama dengan masyarakat umum dalam mendapatkan informasi tentang pemilu.

"Dengan keterbatasan yang mereka miliki, membuat informasi yang mereka dapatkan sangat kurang. Mereka akan kehilangan informasi dengan kondisi keterbatasan yang dimiliki. Untuk itu, Mereka harus mendapat perlakuan khusus dengan membuat skala prioritas untuk melakukan pendidikan politik dan sosialisasi kepada kelompok-kelompok disabilitas ini," ujarnya.

Ke depan, pendidikan dan sosialisasi kepada penyandang disabilitas tersebut akan terus dilakukan pada kelompok disabilitas seperti tuna daksa, tuna rungu, dan tuna netra. Khususnya bagi penyandang tuna rungu dan tuna netra harus dilakukan secara terpisah, karena mereka memerlukan perlakuan khusus.

"Terdapat 500 orang penyandang tuna netra yang terdaftar. Dalam pemilu nanti, surat suara sudah dilengkapi huruf braille khusus bagi penyandang tuna netra," pungkasnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO