Desain Jembatan Wonokromo Duplikasi Suramadu, Dewan: Terkesan Sangat Sederhana

Desain Jembatan Wonokromo Duplikasi Suramadu, Dewan: Terkesan Sangat Sederhana Gambar perencanaan desaian jembatan wonokromo.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Rencana Pemerintah Kota Surabaya yang akan membuat jembatan di Wonokromo, tepatnya dari Pulo Wonokromo ke Jalan Gunung Sari mendapat kritikan dari Komisi C DPRD Kota Surabaya.

Pasalnya, jembatan yang sudah rampung didesain oleh Dinas PU Bina Marga dan Pematusan dianggap terlalu sederhana dan mirip dengan jembatan Suramadu yang menghubungkan Kota Pahlawan dengan Pulau Madura.

Untuk itu, sebelum menyetujui pengajuan anggaran Rp 65 miliar untuk proyek multiyears jembatan Wonokromo, Komisi C bidang pembangunan itu meminta Pemkot melakukan redesain alias mendesain ulang. Anggota Komisi C Agung Prasoedjo mengatakan, desain jembatan yang dibuat Pemkot Surabaya terlalu sederhana dan terkesan menduplikasi Jembatan Suramadu.

"Desainnya kayak Suramadu. Kami menyayangkan, janganlah disamakan spesifik dengan Suramadu. Jembatan Jagir saja yang ada DAM itu lebih bagus kok, makanya kami ingin agar DPUBMP mendesain ulang," kata Agung, Kamis (15/11).

Politikus Partai Golkar ini menyebut desain jembatan diarahkan dewan lebih ikonik dan mencerminkan identitas Kota Pahlawan. Yang nantinya bisa menjadi kebangaaan warga Kota dan menjadi daya tarik masyarakat yang melintas.

Dengan adanya perubahan desain itu, Agung mengatakan memang ada risiko pembengkakan dana pembangunan fisik jembatan. Namun menurutnya hal tersebut tidak masalah, selama jembatan tersebut bisa menjadi jembatan yang bukan hanya memiliki fungsi transportasi saja, tapi juga estetika.

"Jangan hanya fungsi lalu lintas. Harus sekalian saja. Nggak masalah nambah, jika alokasinya sampai Rp 100 miliar," ucap Agung. (lan/ros)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO