Bannernya Diturunkan, Caleg PKS di Bangkalan Laporkan Saudaranya Sendiri ke Bawaslu

Bannernya Diturunkan, Caleg PKS di Bangkalan Laporkan Saudaranya Sendiri ke Bawaslu Munir dan Suli saat menurunkan APK Caleg H Sawwir di Dusun Kebun, Desa Kandaban, Tanah Merah.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - menerima laporan pidana pemilu dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terkait penurunan dan pembawaan APK atas nama H Sawwir, caleg Dapil 6 (Tanah Merah dan Burneh), Senin (14/01).

Mashuri, Komisioner Divisi Bidang Penindaan dan Pelanggaran (PP) membenarkan telah menerima laporan dari Nurul Fariati S.H., selaku Ketua Bidang Polhukam PKS, sekaligus Divisi Advokad PKS di Bangkalan. Yaitu terkait penurunan APK sebanyak 3 banner di Desa Kandaban Kecamatan Tanah Merah. “Yang dirugikan adalah caleg atas nama H Sawwir," jelas Mashuri.

Nurul Fariati SH melaporkan Munir dan Suli terkait penurunan tiga APK pada Kamis (10/1) malam dan Jumat (11/01) pagi di Dusun Kebun dan Sandan, Desa Kandaban Tanah Merah.

“Awalnya saya ingin menyelesaikan penurunan APK dengan cara kekeluargaan, tidak mau lapor ke Bawaslu. Selama tiga hari saya menunggu itikad baik Munir dan Wi' (Suli, red) agar APK dapat dipasang lagi. Saya juga sudah datang ke Kades Kandaban Sukron Makmun untuk memerintahkan Munir memasang kembali, karena Munir itu masih Aparat Desa alias Apel, sementara Wi' keamanan dusun," ujar H Sawwir

Di sisi lain, Nurul Fariati mengakui jika masalah ini sebenarnya sepele. "Jika oknum aparat mau menaikkan atau menyelesaikan secara kekeluargaan, akan selesai semuanya," ujarnya.

Sukron, Kades Kandaban, mengungkapkan bahwa Sawwir masih ada hubungan saudara dengan Munir dan Suli. “Seharusnya lebih mudah diselesaikan secara kekeluargaan," ucapnya. 

Terkait hal ini, Mashuri mengaku akan menindaklanjuti laporan tersebut selama dua hari ini. "Akan melakukan kajian, baru besok putusannya, apakah masuk pelanggaran pemilu atau adminsitrasi lainnya," tandasnya. (uzi/ros)

(Mashuri, Komisioner Divisi Bidang Penindaan dan Pelanggaran (PP) memberikan bukti laporan kepada H. Sawwir)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO