Sidoarjo Raih Sakip Berpredikat A, OPD Diminta Genjot Kinerja

Sidoarjo Raih Sakip Berpredikat A, OPD Diminta Genjot Kinerja PRESTASI: Bupati H Saiful Ilah saat menerima penghargaan Sakip berpredikat A dari Menpan-RB Syafruddin, di Banjarmasin, Rabu (6/2). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo menerima laporan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) dengan predikat A untuk RPJMD Tahun 2018.

Laporan Sakip ini diserahkan Menpan-RB kepada Bupati H Saiful Ilah, dalam acara Apresiasi dan Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Sakip Tahun 2018 Wilayah II, di Hotel Golden Tulip, Banjarmasin, Rabu (6/2).

Menpan-RB Syafruddin mengatakan, penerapan Sakip untuk mengevaluasi kegiatan agar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat. “Selain itu, berhubungan erat dengan pembentukan budaya kinerja berintegritas, bersih dan melayani,” tandasnya.

Kata Syafruddin, saat ini efisiensi anggaran dengan menerapkan Sakip di wilayah II mencapai puluhan triliunan rupiah. Pada Tahun 2017 penghematan mencapai Rp 22,3 triliun.

Diraihnya Sakip berpredikat A ini, tak membuat Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah terlena. Sebab mempertahankan nilai itu bukan perkara mudah. “Saya ingatkan kepada OPD untuk menggenjot kinerjanya,” tandas Abah Saiful.

Kata dia, selain berorientasi target, kerja yang dicapai juga harus sesuai dengan aturan administratif. Abah Ipul pun mengapresiasi jajarannya atas dicapainya kinerja yang memuaskan dengan diterimanya nilai evaluasi Sakip A.

"Saya minta prestasi ini ditingkatkan menjadi predikat AA. Budaya dan manajemen kinerja yang bagus dengan predikat memuaskan ini tahun depan jangan sampai turun. Kinerja lebih digenjot lagi," pinta Abah Saiful.

Selain Sidoarjo, penyerahan status Sakipi ini diberikan kepada Gubernur, Bupati/Wali Kota se-Indonesia wilayah II. Meliputi 11 Provinsi dan 150 kabupaten/kota se-Kalimantan, Lampung, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, serta DKI Jakarta.

Berdasarkan hasil evaluasi Kemenpan RB Tahun 2018, ada 215 kabupaten/kota dan 25 provinsi berhasil melakukan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintah. Untuk wilayah Jatim, ada 4 kabupaten yang mendapat predikat A. Di antaranya Kabupaten Sidoarjo. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO