Tiga Nama Santer Dikabarkan Bakal Dampingi Santoso Sebagai Wawali Blitar

Tiga Nama Santer Dikabarkan Bakal Dampingi  Santoso Sebagai Wawali Blitar Ketua DPC PDIP Kota Blitar, Said Novandi.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Tiga nama kader PDI perjuangan Kota Blitar santer dikabarkan bakal mendampingi Santoso sebagai Wakil Wali Kota Blitar. Mereka di antaranya putra sulung Wali Kota Blitar nonaktif Samanhudi Anwar, Henri Pradipta Anwar, anggota DPRD Kota Blitar Syahrul, dan Sutanto Genik.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Blitar Said Novandi mengatakan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan tim untuk proses penjaringan calon wakil wali kota yang akan mendampingi Santoso.

DPC PDIP Kota Blitar akan menggelar rapat internal untuk membentuk tim penjaringan bakal calon Wakil Wali Kota Blitar. "Hari Sabtu pekan ini DPC masih akan membentuk tim untuk penjaringan calon wakil wali kota," ungkap Said Novandi, Rabu (20/2/2019).

Menurut dia setelah seminggu pembentukan tim ini maksimal dalam satu minggu sudah harus ada proses penjaringan. Prosedurnya minimal harus dua orang. Nama-nama ini kemudian akan dibawa ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) melalui Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

"Kalau rumor ada tiga orang, namun kami juga tidak bisa memastikan karena ada prosedurnya. Kalaupun nanti yang daftar lebih dari tiga ya akan ditampung. Mereka harus mendaftar ke DPC dan memang sejauh ini belum ada yang mendaftar. Meskipun yang menjaring DPC, nanti yang menentukan tetap dari DPP," jelasnya.

Untuk diketahui, PDI Perjuangan merupakan partai pengusung pasangan Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar dan Wakil Wali Kota Blitar, Santoso, pada Pilwali Kota Blitar 2015 lalu.

Pasca Samanhudi terjerat kasus suap, Kemendagri sudah mengeluarkan surat pemberhentian sementara untuk Samanhudi. Sementara jabatan Wali Kota dipegang pelaksana tugas (Plt) Santoso.

Menurut informasi, Samanhudi segera mengajukan surat pengunduran diri sebagai Wali Kota Blitar. Kalau surat pengunduran diri Samanhudi sudah keluar, otomatis Santoso akan menggantikan posisi Samanhudi sebagai Wali Kota Blitar definitif.

Dengan begitu, jabatan Wakil Wali Kota Blitar kosong. PDIP sebagai partai pengusung berhak mengusulkan nama untuk menduduki posisi wakil wali kota yang kosong itu. (ina/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO