Unipa Surabaya Gelar Olimpiade Biotic se-Jatim

Unipa Surabaya Gelar Olimpiade Biotic se-Jatim Tim SMA Islam Parlaungan Brebek Waru Sidoarjo menunjukkan hasil karyanya yang berasal dari olahan daun tujuh jarum.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Himabio Placenta Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya kembali menggelar olimpiade Biologi Creative Competition (Biotic) ke-7 se-Jawa Timur di Gedung Sardjijo Kampus II Unipa Dukuh Menanggal Surabaya, belum lama ini.

Ritma Laili panitia acara mengatakan, ada dua lomba dalam olimpiade tahun ini, yakni lomba Biologi yang meliputi mikro biologi, mikologi, biodiversitas, biologi sel, ekologi dan THP (Teknologi Hasil Pertanian) mereset hasil pertanian menjadi teknologi hasil pangan.

"Babak penyisihan dilakukan di rayon-rayon yakni di Surabaya, Lamongan, Kediri, Malang, dan Mojokerto pada tanggal 13-14 April minggu lalu. Kali ini tinggal memasuki babak penyisihan rayon inti, semi final, dan final," terang Ritma. 

Dia mengatakan ada 180 tim yang mana tiap tim terdiri dari dua orang dan setiap peserta diberikan waktu satu setengah jam untuk mengerjakan soal.

Intan Ayu Kusuma Pramusinta SSi MSi Ketua Program Studi Biologi mengatakan, setiap tahun olimpiade ini selalu mengalami peningkatan baik peserta atau lombanya kali ini ada THP dan kebetulan saya yang menjadi jurinya. Menurutnya, antusiasme peserta sangat luar biasa dan patut diapresiasi mereka melakukan penelitian yang sangat bisa dikembangkan ke depannya.

"Seperti tujuan kegiatan Biotic ini, yakni untuk menumbuhkan kemampuan siswa khususnya dalam bidang biologi agar berjiwa kompetitif yang berwawasan teknologi," terang Intan.

Salah satu peserta dari tim SMA Islam Parlaungan Brebek Waru Sidoarjo, mengangkat manfaat daun tujuh jarum (Pereskia sacharosa) sebagai bahan dasar membuat makanan cilok dan pangsit. Menurut tim ini daun tujuh jarum banyak manfaatnya, diantaranya mengandung anti kanker, anti flamasi, antibiotik, dan antioksidan. (dev/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO