Jadi Jamaah Termuda, Azka Berdoa Ini di Tanah Suci

Jadi Jamaah Termuda, Azka Berdoa Ini di Tanah Suci Azka Khoirunisa JCH termuda Embarkasi Surabaya dari kloter 15 asal Kota Malang saat bersama ibunya. foto: YUDI ARIANTO/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Azka Khoirunisa adalah Jamaah Calon Haji termuda di Embarkasi Surabaya dari kloter 15 asal Kota Malang. Azka berangkat Haji hanya berdua dengan ibunya.

Ia baru saja lulus dari SMA 10 Malang. Di usianya yang masih 18 tahun, dia sudah bisa menunaikan rukun Islam yang kelima.

Awalnya, di tahun 2008 Azka didaftarkan oleh ibunya sejak usia 8 tahun. Saat ia masih duduk di bangku sekolah dasar (SD), ibunya yang bernama Uswatun Hasanah mendaftarkan Azka sewaktu ia duduk di kelas 5.

Saat pembekalan, Azka hanya disuruh latihan fisik seperti jalan seminggu dua sampai tiga kali sehari sebanyak tiga kilo. “Minimal seminggu jalan dua kali tiga kali sebanyak sekilo soalnya kan thawaf sa’i itu aja kan berapa kilo,” jelas Azka, Kamis (11/7/2019).

Doa khusus dari Azka tersendiri saat berada di tanah suci, Azka ingin mendoakan seluruh keluarga dan teman kecilnya yang sudah meninggal. Azka yang bercita-cita ingin menjadi dokter juga tak lupa ia panjatkan saat berada di sana agar cita-citanya tercapai.

“Cita-cita saya ingin jadi dokter, semoga nanti terkabul dengan berdoa di tanah suci,” harapnya.

Uswatun Hasanah mengaku sangat senang meski sebelumnya ia ingin Azka bisa pergi tahun lalu saat Azka umur 17 tahun, tetapi persyaratan untuk pergi harus berumur 18 tahun.

“Sebenarnya saya ingin Azka berangkat tahun kemarin saat azka sudah punya KTP, tapi tidak boleh karena usia minimal harus 18 tahun,” pungkasnya. (ian/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO