Peringati Hari Jadi Kota Pasuruan ke-334 tahun 2020, Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk

Peringati Hari Jadi Kota Pasuruan ke-334 tahun 2020, Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, Ketua DPRD Ismail Marzuki Hasan, beserta jajaran Forkopimda saat menghadiri pagelaran wayang kulit dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pasuruan ke-334 tahun 2020.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Masih dalam rangkaian memperingati Hari Jadi ke-334 tahun 2020, Pemerintah melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk, Sabtu (29/2) malam.

Kegiatan yang bertempat di Taman ini dihadiri langsung oleh Plt. Wali Raharto Teno Prasetyo, Ketua DPRD Ismail Marzuki Hasan, jajaran Forkopimda, kepala OPD, camat, dan lurah se-, serta ribuan warga.

Pagelaran wayang kulit tersebut mengambil lakon Senopati Pinilih Mbangun Kutho dengan dalang Ki Tjipto Sabdo Utomo.

Plt. Wali Kota Teno berharap pagelaran wayang kulit ini mampu merekatkan serta memupuk kecintaan masyarakat terhadap budaya nenek moyang yang adi luhur.

"Serta diharapkan kepada masyarakat khususnya generasi muda untuk mencintai budaya dengan sungguh-sungguh dan tidak setengah-setengah. Dengan demikian, keberadaan budaya wayang kulit ini akan tetap terjaga sampai anak cucu kita nanti," katanya.

"Melalui pagelaran wayang kulit ini, masyarakat dan generasi muda dituntut untuk mencintai dan menghayati arti falsafah dari wayang kulit, karena sesungguhnya setiap pertunjukkan wayang kulit juga membawa pesan-pesan yang mengajak masyarakat supaya berbuat kebaikan, dan bisa menjadikan tontonan wayang sebagai tuntunan teladan dan panutan bagi generasi muda," paparnya.

Untuk itu, Plt. Wali Kota mengajak kepada seluruh dan elemen kepemudaan, komunitas, seniman dan budayawan untuk mempertahankan dan melestarikan warisan budaya yang ada di . (ard/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Heboh, Bayi Diduga Hasil Hubungan Gelap Ditemukan Warga Kota Pasuruan di Saluran Irigasi Sawah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO