​Suara 1 Jadi 69 di Banten, Ini Kata Grace Terkait Penggelembungan Suara PSI | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Suara PSI dari 1 Jadi 69 di Banten Diduga Penggelembungan, Ini Kata Grace Natalie

Editor: Arief
Senin, 04 Maret 2024 21:57 WIB

Tangkapan layar C1 dan Sirekap di TPS 004, Kelurahan Bulakan, Cibeber, Kota Cilegon, Banten.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Dugaan penggelembungan suara Partai Solidaritas Indonesia () di Tempat Pemungutan Suara 004, Kelurahan Bulakan, Cibeber, Kota , Banten, akan didalami oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Dari pantauan BANGSAONLINE.com, di TPS tersebut tertulis 69 suara, sementara dari Foto hasil pindahan Sirekap, memiliki 1 suara.

"Kita telusuri terlebih dahulu tentang kebenarannya ya, apakah itu hoaks atau bukan," ujar Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota , Subiah, Senin (4/3/2024).

Ia menyebut, selama ini tidak ada penolakan dalam rekapitulasi di tingka kecamatan di Kota .

"Tidak ada (penolakan pleno PPK Cibeber), malahan sekarang kita sudah rekap tingkat kota," katanya.

Tanggapan Grace Natalie

Menanggapi penggelembungan suara, Wakil Ketua Pembina , Grace Natalie mengatakan, lonjakan, melejit, anomali, padahal tidak ada yang aneh, karena ini masih proses perhitungan.

“Proses perhitungan di Sirekap itu, agak terlambat dibandingkan apa yang ada di lapangan, kan ada proses pemindahan, upload, jadi ada kenaikan atau penurunan dari suara partai itu hal yang wajar, karena memang masih dalam proses,” kata Grace Natalie saat di zoom meeting bersama Berita Satu, Senin (4/3/2024).

Ia mengatakan, hanya seolah yang mengalami kenaikan, ini tidak tepat, karena setelah data masuk 55% ada sejumlah partai yang kenaikannya agak besar.

Lantas, Grace juga mengatakan partai lain yang juga mirip-mirip dengan , yaitu Demokrat, PKB, PAN, Gelora. Jadi, menurutnya, adanya kenaikan dan penurunan suara di , adalah hal yang wajar.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video