Harapan Wakil Wali Kota Pasuruan di Sosialisasi DTKS | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Harapan Wakil Wali Kota Pasuruan di Sosialisasi DTKS

Editor: M. Aulia Rahman
Wartawan: Supardi
Selasa, 16 Juli 2024 15:32 WIB

Wakil Wali Kota Pasuruan saat memberi sambutan di sosialisasi DTKS.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot Pasuruan melalui Dinas Sosial (Dinsos) menggelar sosialisasi DTKS atau data terpadu kesejahteraan sosial, Selasa (16/7/2024).

Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo, berkesempatan secara langsung menjadi narasumber yang memaparkan penjelasan singkat terkait DTKS, kriteria KPM yang tergolong miskin, serta tata cara proses usulan data serta verifikasi dan validasi data.

Menurut dia, dengan peningkatan pemahaman validitas dan integritas data kemiskinan melalui DTKS ini diharapkan agar pendataan dapat dilakukan secara objektif dan akurat. Sehingga penyaluran bantuan sosial dapat tepat sasaran dan menjangkau seluruh masyarakat yang membutuhkan.

“Hal ini perlu kita lakukan dan penuhi sehingga Pemkot Pasuruan dapat menganggarkan APBD untuk pengentasan kemiskinan yang tepat sasaran, ketersediaan data yang akurat menjadi penting untuk mengambil kebijakan dan melaksanakn program,” ujarnya.

Ia menekankan, pengentasan kemiskinan menjadi program prioritas nasional. Dijelaskan bahwa implementasi pemeliharaan fakir miskin oleh negara sesuai amanat Pasal 34 ayat 1 UUD 1945 yang harus dilakukan dengan asas-asas kemanusiaan, keadilan sosial, nondiskriminasi, kesejahteraan, kesetiakawanan dan pemberdayaan.

“Kemiskinan menjadi tanggung jawab negara, bermandat dari Undang-Undang, dan amanah dari pemerintah untuk dapat dientaskan. Maka Pemerintah daerah dengan berpegang pada UU tersebut serta berdasar pada program nasional, tim verifikasi dan validasi harus secara objektif dalam proses pendataan DTKS,” paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video