​Berbusana Muslimah, Remaja China Makin Cantik, Islam Jadi Tren Agama Anak Muda | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Berbusana Muslimah, Remaja China Makin Cantik, Islam Jadi Tren Agama Anak Muda

Minggu, 29 November 2015 13:23 WIB

Remaja muslimah China saat salat id di Masjid Niujie bulan Juli lalu seperti yang dilansir Shanghaiist. Foto: net

BEIJING, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Tiongkok menindas Muslim Uighur. Namun penindasan itu justru menimbulkan simpati anak muda terhadap Islam. Kini berbagai survey menunjukkan agama Islam memiliki pengikut terbesar dari kelompok anak muda di negara tersebut.

Menurut survei yang dilakukan Sekolah Tinggi Filsafat di Renmin University of , Islam memiliki jumlah pengikut terbesar dari kalangan warga Tiongkok di bawah usia 30 tahun, melebihi agama Buddha dan Katolik di negara Asia tersebut.

"Islam cenderung memiliki demografis yang lebih muda," kata Wei Dedong, profesor studi Buddhis di Sekolah Tinggi Filsafat di Renmin University of , yang berpartisipasi dalam pengamatan itu, kepada Global Times, dikutip Dream dari laman OnIslam.net, Sabtu 11 Juli 2015.

Di daerah Daerah Otonomi Xinjiang Uighur saja, Cina memiliki lebih dari 20.000 masjid. Jumlah ini dianggap meningkat 10 kali lipat daripada tiga dekade lalu.

“Peningkatan jumlah Masjid di Xinjiang membuktikan komitmen Cina untuk menghormati kebebasan beragama umat Muslim,” ujar juru bicara pada sidang tahunan Komite Nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Cina Lyu Xinhua dikutip laman china.org, Selasa (3/3).

Ia juga menyebutkan, jumlah umat Islam di Xinjiang meningkat menjadi 28.000. orang sebelumnya hanya sekitar 3.000 lebih dari tiga dekade lalu.

Sejak 2001, pemerintah daerah Xinjiang telah mengirimkan sekitar 4.000 orang ke Mesir dan Pakistan untuk melanjutkan studi mereka di lembaga-lembaga Islam. Walhasil, Cina mengklaim lebih dari 1 juta salinan buku klasik agama, buku dan majalah di Uighur dan bahasa lain telah diterbitkan di Xinjiang.

Jelang 60 tahun pembentukan Daerah Otonomi Xinjiang Uighur ke-60, Cina mengklaim bahwa masyarakat dunia dapat melihat lompatan pembangunan ekonomi dan sosial yang luar biasa di dekade terakhir.

Islam tampaknya punya prospek tinggi di Tiongkok. Berdasarkan Survei Agama Tiongkok tahun 2015, Islam memiliki jumlah pengikut tertinggi dari kalangan anak muda. Sekira 22,4 persen dari mereka berusia di bawah 30 tahun.

Setelah Islam, Katolik mengikuti dengan 22 persen. Sementara itu, lebih dari setengah penduduk Tiongkok berusia di atas 60 tahun memeluk agama Buddha dan Taoisme.

Survei yang dirilis oleh National Survei Research Center (NSRC) di Renmin University of itu dilakukan terhadap 4.382 orang di lokasi keagamaan di 31 wilayah yang dikumpulkan pada 2013 hingga 2015.

Beberapa bulan yang lalu, sebuah studi baru menemukan bahwa jumlah umat Islam diperkirakan akan melampaui orang Kristen sebanyak 1 persen setelah 2070.

Menurut penelitian tersebut, jumlah umat Islam akan hampir sama dengan umat Kristen pada pertengahan abad ini, dengan peningkatan 30 persen pemeluk Islam.

Di jumlah umat Islam sebesar 26 juta jiwa. Ini berarti sama dengan jumlah warga Malaysia atau jumlah warga Jawa Timur. Hanya saja jumlah penduduk sangat besar yaitu 1.498.547.350 jiwa sehingga jumlah umat Islama di Negara tersebut sangat minoritas yaitu cuma 2%. Jumlah penduduk memang terbesar dari jumlah penduduk negara di seluruh dunia. India menempati nomor 2 dalam jumlah penduduk, yaitu 1.251.695.584 jiwa. Setelah Indonesia Negara berpenduduk terbesar adalah Amerika Serikat, yaitu 321.368.864 jiwa. Sementara Indonesia menempati posisi nomor 4 dalam jumlah penduduk terbanyak, yaitu, 255.993.674 jiwa dengan jumlah umat Islam mencapai 88,1 % dari total penduduk.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Religia China

Berita Terkait

Bangsaonline Video