​Wagub Emil Tekankan Pentingnya Integrasi Big Data di Jatim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Wagub Emil Tekankan Pentingnya Integrasi Big Data di Jatim

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
Jumat, 22 Maret 2019 23:38 WIB

Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak saat memimpin Focus Group Discussion/FGD "Pemanfaatan Big Data untuk pengembangan Pelayanan Informasi Super Koridor (Permaisuri)" di Gedung Rektorat ITS, Sukolilo, Surabaya. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menekankan pentingnya integrasi big data yang ada di Jatim untuk perbaikan pelayanan publik bagi masyarakat. Apalagi, lewat perkembangan teknologi informasi terkini sangat memungkinkan konektivitas, integrasi dan pemrosesan data yang lebih baik.

“Berdasar pada keinginan untuk mencapai perbaikan dan pelayanan publik dari kebijakan yang berbasis data, maka integrasi big data merupakan salah satu prioritas program ,” ungkap Emil sapaan akrab Wagub Jatim saat memimpin Focus Group Discussion/FGD “Pemanfaatan Big Data untuk pengembangan Pelayanan Informasi Super Koridor (Permaisuri)” di Gedung Rektorat ITS, Sukolilo, Surabaya, Jumat (22/3).

Menurutnya, masih akan merumuskan dan mencari metode terbaik untuk mengorganisir berbagai data yang terpencar di semua OPD. Dicontohkan, pada data di balai latihan kerja selama ini hanya ditumpuk berupa file, dan saat dicari data tersebut belum bisa dianalisa. “Tahapan yang terpenting dalam integrasi big data ini yaitu organisasi data dan manajemen data,” imbuh Wagub Emil.

Wagub Emil menambahkan, pihaknya menginginkan big data tersebut bisa tersinergikan hingga membentuk sebuah database yang tersinkronkan. Selain itu, teknologi deteksi sensor lewat e-KTP juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

“Bisa kita bayangkan jika ada proses akuisisi e-KTP, sehingga setiap orang cukup menempelkan e-KTP nya saat checkin ataupun checkout,” terangnya sembari menambahkan dengan demikian data akan terecord secara real time pada server yang telah disediakan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pemprov Jatim

Berita Terkait

Bangsaonline Video