​Ribuan Pemudik Mulai Masuk Blitar, Pemkab Minta Pihak Desa Perketat Pengawasan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Ribuan Pemudik Mulai Masuk Blitar, Pemkab Minta Pihak Desa Perketat Pengawasan

Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Akina Nur Alana
Jumat, 10 April 2020 08:58 WIB

Satker DPMD dan Dinsos Jatim memberikan bantuan sembako bagi keluarga yang di karantina di Karangsono Kanigoro.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ribuan pemudik mulai memasuki Kabupaten sejak akhir Maret 2020. Ribuan pemudik ini menyebar hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten . Namun ada beberapa Kecamatan yang menjadi menyumbang terbesar jumlah pemudik.

Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 Pemkab , Achmad Cholik mengatakan 10 Kecamatan yang menjadi tujuan pemudik tertinggi sejauh ini adalah Kecamatan Bakung, Binangun, Doko, Kademangan, Panggungrejo, Selopuro, Selorejo, Srengat, Wlingi dan Wonotirto. Jumlah pemudik yang datang hingga kini terdata sebanyak 3.674 orang.

Kebanyakan dari Malaysia, Taiwan, dan Hongkong mereka adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mudik ke kampung halamannya masing-masing. Sementara selain para PMI juga ada pemudik yang baru datang dari berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bali, Surabaya dan Kalimantan.

"Nah untuk para PMI ini biasanya sudah dilaksanakan prosedur penanganan sejak mereka di bandara. Mereka juga sudah terdata di bandara, Pemprov dan Disnaker sehingga lebih mudah untuk dilakukan pemantauan," ungkap Achmad Cholik, Jumat (10/4/2020).

Diprediksi gelombang pemudik masih akan terus bertambah. Utamanya memasuki bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Untuk itu, Pemkab meminta setiap desa menyiapkan tempat karantina. Serta memperketat pengawasan terhadap warganya yang baru saja tiba.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video